Kabari News – Telinga Anda pasti  tidak asing lagi bukan mendengar kata robot?  Ya, saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot. Robot yang sedarinya hanya dikenal dalam layar kaca, sekarang ini banyak digunakan untuk segala macam kebutuhan. Robot, seperti dilansir dari wikipedia merupakan alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor.

Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari dan tolong” (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

Nah, jika Anda tertarik untuk belajar membuat robot, di Indonesia ada satu komunitas yang peduli dengan segala hal yang berhubungan dengan robot. Adalah Komunitas Robot Indonesia, di komunitas yang  berdiri 3 tahun lalu tepatnya pada tanggal 21 Maret 2011 ini Anda dapat bertukar pikiran, sharing mengenai segala hal tentang dunia robot bahkan Anda dapat membuat robot Anda sendiri.

komunitas robot indonesia“Di komunitas ini kita melakukan hal itu, berdirinya komunitas robot Indonesia yaitu saat pertama kali kita berkumpul di grup robot di jejaring sosial facebook. Sebab banyak komunitas robot di dunia banyak melakukan interaksi melalui jejaring sosial seperti facebook dan dari sana kita mulai berkomunikasi.” kata Adiatmo  Rahardi dari Komunitas Robot Indonesia kepada kabarinews.com beberapa waktu lalu.

Banyak hal yang diperbincangkan mulai dari cara merakit robot, sharing. Dan, Adi menjelaskan komunitas  ini bisa dibilang komunitas robot terbesar di Indonesia yang menangani komunitas robot di daerah dan kecamatan-kecamatan. Di Indonesia sendiri, sambung Adi, cukup banyak yang telah membuat robotnya sendiri, sebut saja Famosa Studio, Al Zahar Robotic Club, Robot Unyil, M-Robot Media Robotik, Duwiarsana dan yang lainnya. “Mereka aktif sekali membuat robot, dan masih banyak lagi mereka yang membuat robot kreasinya sendiri” kata Adi.

//

Komunitas ini concern kepada anak-anak muda yang hobi untuk membuat robotnya sendiri. Komunitas robot banyak sekali yang membuat robotnya sendiri, membuat robotnya dari nol, membuat frame, dan merangkai rangkaian sistemnya sendiri. “Karena sesuai dengan visi dari komunitas robot Indonesia ini sendiri yang  ingin mengedukasi anak-anak muda untuk membuat robot sendiri, tidak hanya merakit robot yang materinya banyak di import dari luar negeri” tutur Adi yang juga salah satu ahli robotik dan mentor di sekolah-sekolah.

Dan mereka yang tergabung dalam komunitas ini tidak harus mereka yang telah membuat robotnya sendiri. Pasalnya, Adi mengatakan ada juga mereka yang baru belajar membuat robot. Dia mencontohkan ada  seorang temannya yang latar belakangnya sutradara,  namun dia  belajar robot selama satu tahun dan jadi robotnya sendiri yang diberi nama  Wall-E. Selain itu ada pula pula seorang guru tanpa latar belakang pendidikan robotik di Bengkulu yang membuka kursus robot. Modalnya sama, hanya belajar di forum Komunitas Robotik Indonesia.

Dalam perkembangan di Komunitas Robot Indonesia belakangan ini, komunitas robot mulai mengedukasi mereka untuk tidak hanya menggunakan dan menciptakan robot untuk kontes saja, akan tetapi mendorong juga untuk mengeluarkan ide-ide membuat robot yang dapat berguna di masyarakat. Contohnya robot drone, robor aerofi, dan macam-macam.

Sejatinya sebuah komunitas, tentu melakukan banyak kegiatan menjadi salah satu hal utama. Komunitas robot Indonesia ini pun telah banyak sekali mengadakan kegiatan mulai dari melakukan pameran robot, sering kali mengadakan workshop seminar, pelatihan, lomba kompetisi robot, ada yang tingkat lokal maupun nasional. Salah satunya di Tahun 2012, Komunitas Robot Indonesia pernah menggelar Parahyangan Robotic Competition.

Kehadiran robot Indonesia bagi Adi tidak bisa dipandang sebelah mata. Tak jarang robot Indonesia berhasil memenangkan kontes robot tingkat international. Adi menganggapi positif hal ini karena untuk berkompetisi memberikan suatu semangat untuk mereka yang tidak ikut kontes dan prestasi yang diraih sangat membanggakan. “Kita levelnya sudah kelas dunia, dan banyak juga orang-orang Amerika yang  belajar robot dengan orang Indonesia. Secara teknis kita tidak terlalu bermasalah oleh mereka di luar negeri” pungkas Adi. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?69484

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

lincoln

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3