KabariNews – Perusahaan yang bergerak di bidang supplay chain di Indonesia – Linc Group, resmi meluncurkan bisnis usaha baru 8Commerce yang memberikan solusi e-commerce, termasuk teknologi, pemasaran, pemenuhan logistic dan pengiriman terintegrasi untuk para pelaku e-commerce di Indonesia.

8Commerce memantapkan posisinya di Indonesia yang didukung oleh 600 armada dan 7 spot warehouse seluas 85 ribu meter persegi, tersebar di Jabodetabek, Medan Palembang, Surabaya, Semarang, Bandung, dan Pontianak.

Dengan maraknya geliat bisnis e-commerce B2C yang mencapai USD $ 1.12 milyar tahun 2014 (CLSA, 2015), membuat semua pelaku bisnis di Indonesia ramai-ramai membuka channel usahanya di dunia online, karena inilah ada pertimbangan perusahaan masuk ke sektor jasa.

Pelaku bisnis ini bisa dari level brand yang mereknya sudah mendunia atau ternama sampai pemain lokal yang baru menciptakan merek mereka sendiri. Khusus untuk brand ternama, kebanyakan mereka membutuhkan solusi ecommerce (ecommerce enabler) yang kompleks dan terintegrasi, karena varian produk yang sudah sangat banyak dan market share-nya yang sudah besar dan jelas.

Mereka tidak bisa berhenti pada pembangunan sistem e-commerce nya saja tapi harus memikirkan tingkat kerumitan operasional di belakang toko online, dari proses saat barang masuk ke pelabuhan, masuk ke gudang, sampai memastikan barang yang dipesan tepat order tepat waktu sampai di tangan pelanggan. Akurasi inventory dan bagaimana menjaga kualitas hubungan baik dengan pelanggan (Customer Relation Management) sangat diperlukan untuk sebuah brand yang sudah besar.

Memahami ini, sebagai perusahaan supply chain yang sudah memiliki beberapa customer yang bergerak di bidang retail, Linc Group memperluas layanannya ke solusi ecommerce & pemenuhan yang terintegrasi (ecommerce enabler & fulfillment).

“8Commerce bisa jadi satu-satunya perusahaan nasional yang saat ini serius membidangi layanan solusi e-commerce terintegrasi ini. Harapannya semoga dapat membantu brand-brand yang tidak hanya membutuhkan eksistensi di dunia ecommerce, tapi juga memfokuskan agar tetap long lasting business, menjadi short-cut efektif untuk pelanggannya, dan dapat menguntungkan. Karena bisnis yang tidak menguntungkan, bukanlah bisnis yang dicari,” Ujar Hans Leo, CEO Linc Group dalam sambutannya di acara Grand Launching 8Commerce di Jakarta, Kamis (28/01).

Ronny Ritongadi selaku CEO of 8Commerce mengungkapkan, “ kehadiran 8COMMERCE tidak lain juga didukung oleh kekuatan supply chain yang sudah dimiliki oleh Linc Group, keberadaan kami yang sudah menjembatani kota, pulau dan juga di dukung oleh SDM yang berbakat, membuat kami siap dapat eksis di usaha baru ini.” ujarnya.

8Commerce fokus pada empat layanan pokoknya, yakni pembangunan ecommerce yang mengakomodir kebutuhan pemasaran dan mudah guna, strategi pemasaran digital dan offline yang terintegrasi, operasional toko yang efektif cepat dan efisien, dan terakhir adalah sistem pergudangan dan pengiriman (ecommerce fulfillment center). Dengan keempat layanan ini, diharapkan bisa mengakomodir semua kebutuhan pelaku bisnis yang ingin membesarkan usahanya di dunia online. (1011)