Aceh, KabariNews.com – Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter pagi tadi, Rabu (7/4), pukul 05.15 WIB, mengguncang wilayah Aceh dan sekitarnya.

Gempa yang berlangsung sekitar 5 menit tersebut getarannya dirasakan hingga ke Kota Padang dan Medan, hal ini membuat warga panik dan langsung berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri takut akan munculnya gelombang tsunami.

Badan Meteorologi, Kilimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lokasi gempa berada di garis 2.33 Lintang Utara – 96.87 Bujur Timur atau tepanya berada di 75 kilometer Tenggara Sinabang, Nanggroe Aceh Darussalam, pusat gempa berada di kedalaman 34 kilometer.

Hingga saat ini, warga masih berada di lokasi terbuka dan berada di daerah yang cukup tinggi.

BMKG juga mencatat telah terjadi lima kali gempa susulan dengan intensitas gempa antara 5.0 hingga 5.2 skala Richter.

Sementara itu, badan pemantau gempa Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) mencatat bahwa gempa yang mengguncang wilayah Aceh dan sekitarnya tersebut berkekuatan 7,7 skala Richter, setelah sebelumnya melaporkan gempa yang terjadi adalah 7,8 SR.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa yang diakibatkan gempa tersebut. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, beberapa bangunan pemerintah mengalami kerusakan dan jaringan listrik di wilayah pantai Timur hingga Kota Banda Aceh dilaporkan terputus.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Iskandar, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa pihaknya masih meneliti kerusakan yang timbul akibat gempa tersebut.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34741

Untuk

melihat Berita Indonesia / Khusus lainnya,
Klik

disini

Klik disini
untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai
dan komentar di bawah
artikel ini

______________________________________________________

Supported

by :