KabariNews – Berbagai macam pendapat bermunculan terkait keluhan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang ‘curhat’ soal gajinya yang belum pernah naik. Menanggapi ungkapan tersebut, kritikan, sindiran hingga simpati dari masyarakat mulai menghangat di media dan bahkan di situs microblogging Twitter dan Facebook.

Beberapa tweeps (pemilik akun twitter) memberikan simpati dengan komentar yang beragam. Bahkan muncul lontaran ide untuk menggalang koin simpati bagi SBY. Gagasan itu terkesan lucu
dan menyindir, lengkap dengan logo untuk menggagas ide koin untuk presiden.

Gerakan koin untuk presiden di Twitter dan Facebook ini mencuat dalam tiga hari terakhir dengan slogan “help salary president“. Berbagai argumentasi dan komentar yang muncul di dalamnya
berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Logo berwarna kombinasi kuning, hitam, dan putih itu sepintas mirip dengan logo aksi Koin untuk Prita Mulyasari yang sempat mencuat di tahun 2010. Koin Keadilan Prita yang berjumlah ratusan juta itu merupakan hasil solidaritas masyarakat yang simpati kepada Prita.

Sampai saat ini belum diketahui siapa yang pertama kali mengunggah logo tersebut, namun gerakan simpati ini menjadi aksi terhangat di situs jejaring sosial. Bahkan kabarnya hari ini Senin (24/1) aksi ini akan digelar di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta.

Sebelumnya dalam Rapim TNI/Polri Presiden SBY mengaku sudah sekitar 7 tahun ini gajinya belum naik. “Sampaikan ke seluruh jajaran TNI/Polri, ini tahun ke-6 atau ke-7 gaji Presiden belum naik,” ujar SBY dalam pidato pada Rapim TNI dan Polri di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (21/1).

Ucapan SBY ini spontan saja membuat prajurit TNI dan Polri yang hadir tertawa. SBY menuturkan, kesejahteraan prajurit TNI dan anggota Polri yang diberikan pemerintah bukan retorika dan janji-janji kosong. Tiap tahun, kedua lembaga itu diperhatikan pemerintah dengan menaikkan gaji.

“Soal kesejahteraan prajurit dan anggota Polri, ini bukan retorika dan janji-janji kosong, bukan kebohongan. Tiap tahun kita naikkan gaji dan lain-lain. Renumerasi sudah diberikan untuk meningkatkan kerja