1. Pihak kepolisian telah mengeluarkan sketsa wajah orang yang diduga menjadi kurir dari beberapa paket bom yang belakangan mengancam Ibukota.
Teror bom yang kembali terjadi di Indonesia ini sangat meresahkan banyak pihak. Dalam satu hari, tepatnya pada hari Selasa (15/03), tiga ancaman bom mengejutkan warga Jakarta. Ancaman bom yang pertama ditujukan kepada kantor Jaringan Islam Liberal (JIL) di kawasan Utan Kayu, Jakarta Timur. Bom tersebut dikemas dalam sebuah paket buku dan meledak sehingga melukai tiga orang anggota kepolisian.
Sementarea itu, pada sore harinya ancaman bom yang kedua ditujukan kepada Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN). Polisi mengungkapkan bahwa jenis bom tersebut serupa dengan bom pertama. Tim Gegana dari Mabes Polri Berhasil meledakan bom ini di lokasi aman.
Sementara itu, kediaman pentolan grup musik DEWA, Ahmad Dhani, dan juga Ketua Umum Pemuda Pancasila, Japto S Soerjosoemarno, juga mendapat ancaman bom serupa.
2. Tiga desa di Kecamatan Siau Barat Utara, Sulawesi Utara, masih terisolasi akibat meletusnya Gunung Karangetang yang terletak di Kabupaten Siao Tagulandong Biaro.
Sejak hari Jumat (11/03) Gunung Karangetang telah mengeluarkan lava pijar. Bahkan hingga hari ini, Senin (21/03), posko pengamatan di Desa Salili telah mencatat beberapa gempa kecil sejak pukul 06.00 WITA.
Sedikitnya sekitar 1.100 warga terpaksa dievakuasi guna menghindari semburan awan panas dari puncak gunung.
3. Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta, dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (21/03), oleh salah satu pendiri partai tersebut, Yusuf Supendi.
Yusuf melaporkan tiga orang petinggi PKS yakni Presiden PKS Luthfi Hasandan, Sekretaris Jenderal Partai PKS, Anis Matta Wakil, dan Wakil Sekjen PKS Mahfudz Siddiq atas tuduhan dugaan penggelapan uang sebesar Rp 10 miliar.
4. Pemerintah Indonesia menyerukan kepada masyarakat internasional untuk bersama-sama memberikan perlindungan terhadap warga sipil, khususnya anak-anak dan wanita agar tidak menjadi korban kekerasan.
Pernyataan ini disampaikan Kementerian Luar Negeri Indonesia terkait krisis politik yang terjadi di Libya dalam beberapa pekan terakhir.
5. Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, menegaskan bahwa hingga saat ini pemerintah belum memutuskan kebijakan terkait pembatasan penggunaan bahan bakar minyak bersubsidi.
“Kita tetap berusaha menjaga kelancaran pasokan BBM hingga ke daerah. Volume BBM bersubsidi di daerah mencapai 38,6 juta kiloliter. Membengkaknya penggunaan BBM bersubsidi ini dikarenakan adanya penyalahgunaan dan penyimpangan,” ucap Hatta usai menghadiri rapat kerja dengan Bank Indonesia, Senin (21/03).
6. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo mengumumkan bahwa masyarakat tidak perlu panik terkait meledaknya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, Jepang.
Dikutip dari situs resmi KBRI Tokyo, Senin (21/03), alasan dikeluarkannya pernyataan tersebut di antaranya karena jarak Tokyo-Fukushima sejauh 250-300 kilometer dan masih ditetapkan dalam radius yang sangat aman. Selain itu KBRI juga menilai karena reaktor tersebut sudah tidak beroperasi, sehingga sudah tidak ada reaksi fisi nuklir.
7. Pasca meledaknya PLTN Fukushima Daiichi membuat beberapa produk makanan dari Jepang diduga terkena radiasi. Karenanya Komisi IX DPR RI meminta agar pemerintah dan instansi terkait mengawasi peredaran produk makanan dari Jepang secara ketat.
“Semua produk makanan, daging, sayuran, makanan, minuman harus diberi sertifikat oleh pemerintah. Ini untuk melindungi warga kita,” ucap Wakil Ketua Komisi IX DPR, Irgan Chairul Mahfiz di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/03).
8. Seseorang yang diduga berasal dari Keluarga Cendana yang berinisial PA (21) diringkus tim satuan kepolisian di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan. Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita 0,88 gram narkoba jenis sabu beserta Alat hisapnya. 
PA disebut-sebut sebagai salah satu cicit dari mantan Presiden Soeharto.
Selain PA, polisi juga menangkap dua orang lainnnya yang berinisial GN dan ES yang merupakan seorang perwira Polri dengan pangkat AKBP (Ajun Komisiaris Besar Polisi).
9. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk menambah armada bus yang akan melayani masyarakat Ibukota hingga malam hari.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyampaikan bahwa langkah tersebut diambil guna meningkatkan pelayanan dan untuk menciptakan perasaan aman bagi mayarakat Ibukota.

10. Aktor senior Pong Hardjatmo mengajak masyarakat untuk menduduki Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, sebagai ungkapan rasa ketidakpuasan atas kinerja pemerintah dan wakil rakyat.
“Saya siap menjadi tameng dan berada di barisan paling depan untuk melakukan revolusi. Jadi kalau ditembak sniper, jidat saya duluan yang akan bolong,” ucap Pong saat melakukan orasi di Kampus Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Senin (23/01).
Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36499

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :