Ekstrak jerami padi dan pinang adalah salah satu bahan tradisional sampo bagi wanita di Kerinci untuk memelihara rambut panjang indah dan sehat.

“Resep saya hingga rambut bisa panjang setumit seperti sekarang ini sangat sederhana, saya hanya mengikuti apa yang diceritakan nenek dan ibu saya dulu yaitu dengan menggunakan ekstraksi secara alami dari jerami padi dan pinang,” kata Afnirty (26), warga Kerinci dengan rambut panjang setumit. Rambut panjang yang indah, rapi, sehat dan kuat yang merupakan salah satu tradisi kaum wanita di Kerinci. Sehingga tak heran, hal itu menjadi identitas atau ciri masyarakat setempat.

Memanjangkan rambut tentu saja bukanlah hal yang sulit, tapi agar membuatnya indah dilihat, rapi gampang disisir dan diatur, sehat dan kuat tidak rontok, adalah hal yang tidak bisa dibilang gampang. “Para wanita Kerinci pada zaman dulu kata nenek saya, telah memiliki cara sendiri yakni menggunakan jerami sebagai shampo. Maka saya terapkan, lanjut Afnirty.

Dia memaparkan cara membuat ekstraksi jerami tersebut. Jerami padi cukup direndam di air bersih, lalu dicampur bubuk buah pinang. Air rendaman itu dibiarkan beberapa malam sampai bisa digunakan untuk menyampo rambut. Keramas dengan cara tradisional tersebut sebaiknya dilakukan sekali dalam dua minggu. Semakin sering dilakukan semakin bagus hasilnya. Karena itu rambut jadi gampang diatur, hitam mengkilat, dan tidak tidak rontok.

Gadis yang masih mahasiswi semester enam di STKIP Kerinci tersebut mengaku telah membiarkan rambutnya memanjang selama sembilan tahun semenjak dia berumur tujuh tahun atau kelas dua SD. Kini rambutnya yang ikal telah 150 cm menjuntai dari ujung kepala hingga ke tumitnya

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37041

Untuk melihat artikel Mode & Gaya lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :