Sejumlah wisatawan asing menyukai bakso ikan blue marlin, membuat makanan ini menjadi menu wajib bagi turis saat berkunjung di pesisir Lampung Barat.

“Setiap hari puluhan turis asing berkunjung untuk mencoba bakso ikan blue marlin, mereka menyukai makanan ini selain enak, bakso ikan blue marlin juga berkhasiat,” kata pedagang bakso di Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat, Bahrudin (38) sekitar 320 Km dari Bandar lampung.

Dia menjelaskan, bakso ikan blue marlin memang menjadi makan khas pesisir Lampung Barat. Kelezatan bakso ikan blue marlin membuat wisatawan asing itu ketagihan.

“Setiap kali turis asing itu berkunjung di Lampung Barat, makanan yang paling mereka cari yakni bakso ikan, sehingga saat jumlah kunjungan wisatawan asing di Lampung Barat meningkat, saya harus menyiapkan stok lebih bakso ikan guna mencukupi permintaan,” kata dia.

Berlimpahnya ikan blue marlin di perairan Lampung Barat, membuat pengusaha makanan tidak mengalami kesulitan mencari bahan baku utama bakso tersebut. Bakso ini terbuat dari tepung dan daging ikan blue marlin yang ditambah dengan delapan jenis bumbu membuat rasa bakso ikan tersebut berbeda.

Harga bakso ini berkisar Rp7.000 per porsi, rata-rata pedagang mampu menjual sekitar 50 mangkok bakso. Harga daging ikan itu sendiri mencapai Rp 35.000 hingga Rp 40.000 ribu per kilogram. Sebagian besar daging ikan blue marlin Lampung Barat didistribusikan ke sejumlah wilayah diantaranya Bandar lampung, Bengkulu dan Jakarta.

Salah seorang turis berasal dari Negara Belanda, Jipshon (32) mengatakan, rasa bakso ikan blue marlin sangat lezat. “Setiap kali saya berkunjung di Lampung Barat, belum lengkap tanpa makan bakso ikan blue marlin, sebab makanan ini menu wajib saat berkunjung di daerah ini,” kata dia. Wisatawan itu menuturkan, hampir setiap hari para turis mengkonsumsi bakso ikan blue marlin sebagai menu makan siang.