Pesawat Air Force One mendarat rendah di kawasan bisnis Manhattan, New York, Senin kemarin (27/04/2009). 

Bersama dua pesawat tempur F-16 yang mengawalnya,  pesawat kepresidenan berjenis Boeing 747 itu sempat berputar diatas kawasan Manhattan yang banyak terdapat gedung tinggi dan tak jauh dari Ground Zero peristiwa 9/11.

Khawatir kejadian 9/11 yang merenggut lebih dari 3.000  jiwa terulang, para pekerja di gedung-gedung tinggi sekitar Manhattan langsung panik dan berhamburan keluar.

Ternyata pesawat-pesawat itu sedang menjalani sesi pemotretan dengan latar belakang patung Liberty dan panorama kota New York atas perintah Departemen Pertahanan AS.

Pesawat tersebut melewati Verrazano Bridge, mengitari patung Liberty, dilanjutkan menuju Hudson lewat Jersey City lalu memutar kembali ke Staten Island. New York Post mengatakan, sesi pemotretan untuk kepentingan publisitas ini menjadi karya photografer berbiaya termahal di dunia.

“Kami semua lari ke jendela, dan berpikir tamtlah riwayat kami.” kata Chris Biancamano (36) salah seorang seorang pekerja. “Itu membawa kembali ingatan kami kepada peristiwa 9/11, maka saya berkata dalam hati “Saya harus segera keluar dari gedung ini,”  tambahnya seperti dilansir New York Post.

Walikota New York, Michael Bloomberg pun merngomel, karena tidak menyangka kalau pesawat itu terbang dekat lokasi Ground Zero

Kalau saya tahu pesawat-pesawat itu bakal terbang di dekat
lokasi bekas WTC, saya pasti akan melarang mereka,”

ujarnya.

Obama Minta Maaf

Senin malam  beberapa jam setelah penerbangan yang menggegerkan itu, Gedung Putih langsung menggelar jumpa pers dan menyatakn minta maaf kepada warga New York. Louis E. Caldera, Direktur militer Gedung Puth menyatakan dialah yang bertanggung jawab atas keputusan penerbangan itu.

Sehari kemudian Presiden Barack Obama juga menyampaikan permintaan maaf . Obama menyebut penerbangan itu sebagai “mistakes” dan tak terulang lagi di masa datang, “Ini adalah kesalahan, sebagaimana disampaikan. Ini tidak akan terulang lagi.” kata Obama, Rabu, (29/04/2009)

.

(Sumber: New York Post)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?33008

Untuk melihat Berita Amerika / Amerika / National lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Photobucket