KabariNews – Tak kalah dengan bunga atau kembang lain, kembang sepatu juga menarik untuk ditanam di rumah. Tapi jangan hanya dipandang saja jika sudah mekar, karena Anda pun bisa memanfaatkan kembang cantik ini untuk berbagai perawatan kecantikan. Tak hanya untuk rambut, kembang sepatu juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan menunda penuaan dini.

Kembang sepatu memang sudah tidak asing lagi di dunia kecantikan, bahkan banyak salon dan produk kecantikan telah memanfaatkan bahan yang terkandung di dalamnya untuk perawatan. Kembang sepatu mengandung Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino, kedua zat tersebut dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kecantikan. Di dalamnya juga ada vitamin C dan emollient, bahkan kandungan nutrisinya mampu melembabkan kulit dan mengurangi produksi minyak pada pori-pori.

Ingin coba manfaatnya? Simak beberapa keuntungan bisa didapatkan dari kembang sepatu.

Pewarna rambut alami

Umumnya kembang sepatu berwarna cerah. Warnanya yang menarik bisa diaplikasikan sebagai pewarna rambut alami. Mau coba? Siapkan beberapa kuntum kembang sepatu berwarna merah dan segenggam bunga mawar merah, haluskan. Tambahkan sedikit air agar mudah dibalurkan ke rambut. Aplikasikan pewarna alami ini ke rambut sesuai keinginan. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas. Karena berbahan alami, prosesnya tidak instan, untuk itu diperlukan beberapa kali pewarnaan untuk mendapatkan hasil maksimal. Ulangi pewarnaan 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. Tidak kalah dengan pewarna kimia yang beredar di pasaran, pewarna alami dari kembang sepatu ini juga bisa membuat rambut berkilau alami.

Obat jerawat

Vitamin C yang terkandung membentuk antioksidan sehingga bisa dimanfaatkan juga untuk mengobati dan mencegah jerawat. Tak hanya kembangnya, daunnya juga bermanfaat. Untuk mendapatkan khasiatnya, siapkan bahan berikut : 5 kuntum bunga sepatu, 5 helai daunnya dan 200 ml minyak zaitun. Cara meramunya: tumbuk kedua bahan (bunga dan daun) tapi jangan terlalu halus. Siapkan dalam wadah (panci), tambahkan minyak zaitun, aduk rata. Nyalakan api dan panaskan. Masak sampai mendidih dengan api kecil, angkat. Biarkan dingin kemudian disaring. Oleskan minyak kembang sepatu pada jerawat secara teratur.

Minyak kembang sepatu juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini. Oleskan minyak pada wajah dan pijit sebentar untuk melancarkan peredaran darah dan meresap sempurna. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas sampai bersih.

Mengangkat sel kulit mati

Kandungan AHA dan asam amino di dalamnya berfungsi mengangkat sel mati. Siapkan bunga sepatu dan buatlah scrub. Caranya : remas segenggam bunga sepatu, atau bisa juga ditumbuk (jangan sampai halus), aplikasikan pada wajah, gosok merata seperti menggunakan scrub. Bilas wajah sampai bersih. Perawatan ini dapat membuat wajah lebih bersih dan berseri.

Kondisioner rambut alami

Kandungan nutrisi dalam kembang sepatu dipercaya dapat memperlancar peredaran darah pada kulit kepala. Yang lebih menggembirakannya lagi, penggunaan masker kembang sepatu juga dapat mengobati kerontokan rambut. Caranya, campurkan kelopak kembang sepatu dan beberapa lembar bunga sepatu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Balurkan kebagian kulit kepala. Diamkan beberapa saat lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini seusai Anda keramas dengan sampo (rambut sudah dalam keadaan bersih),

Mudah dan murah memanfaatkan kembang sepatu untuk merawat kecantikan wajah dan rambut. Selamat mencoba.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72048

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2