Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris bersama dengan IDN Perancis sukses menyelenggarakan acara bernama Couleurs d’Indonesie atau Festival Colors of Indonesia (FCI) pada tanggal 23-24 September 2017 di Paris.

Acara yang berlangsung di Pavillon Dauphine ini bertujuan untuk memperkenalkan keragaman dan kekayaan Indonesia, lewat kesenian, kuliner, kerajinan tangan, alam ataupun peninggalan budaya seperti kain tradisional.

Meski ini adalah kali ketiga FCI digelar, hal ini tidak menyurutkan animo masyarakat Paris serta diaspora Indonesia untuk hadir dan menikmati acara ini. Tidak kurang dari 3000 pengunjung hadir memeriahkan acara.

Bertemakan Danau Toba

Tema yang diusung pada tahun ini adalah keindahan Danau Toba. Sesuai dengan promosi wisata pemerintah Indonesia yang memperkenalkan “10 Bali Baru” sekaligus Danau Toba salah satu nominasi dari UNESCO Global Geopark. Booth foto dengan rumah adat Tapanuli menjadi ajang para pengunjung untuk menjadi latar berfoto ria.

Di dalam ruangan yang megah dengan dinding kaca di kiri-kanannya dengan lampu kristal gantung tampak baju-baju dari kain tradisional nusantara.

Peragaan Busana Oscar Lawalata

Baju-baju dari karya desainer Oscar Lawalata ataupun perajin Indonesia.Di acara ini, Oscar Lawalata hadir dengan karya-karyanya dengan kain dari nusantara yang diperagakan oleh model-model cantik.

Sementara itu, chef Ragil memperkenalkan Mi Gomak, masakan dari Sumatera Utara. Ia juga memperkenalkan aroma bumbu-bumbu Indonesia.

Selain kuliner dan fashion, tampil pula berbagai tarian-tarian dan musik. Grup tari Joged Nusantara, tampil dengan berbagai tarian dari Riau, Sumatera Utara, Purwokerto dengan penarinya memakai kacamata hitam. Unik!

Diiringi oleh grup musik gamelan Bali, Puspa Warna, yang pemainnya adalah anak-anak muda Perancis, mengiringi para penari membawakan tarian Bali.

Tampil pula grup musik jazz etnik, Balawan. Grup musik dari Bali ini, membuat para penonton tidak beranjak dari tempat duduknya.

Alunan melodi dari instrumen modern berkolaborasi dengan tradisional, membuat melodi-melodi lagu daerah Indonesia semakin indah didengar.

Kolaborasi KBRI dan IDN Perancis

IDN Perancis dengan Duta Besar Hotmangaradja Pandjaitan

Duta Besar RI untuk Perancis H.E. Bapak Hotmangaraja Panjaitan senang dan bangga atas kesuksesan dan kemeriahan acara dan menilai kolaborasi antara KBRI dan IDN Perancis sebagai kunci kesuksesan acara.

Nina Hanafi, selaku Ketua Indonesia Diaspora Network Perancis (IDN France) mengatakan Festival Couleur d’Indonesia akan menjadi program tahunan Indonesia Diaspora Network Global di seluruh dunia, dengan nama Colour of Indonesia. “Small act can make huge different, semoga apa yang dilakukan oleh KBRI Paris dengan festival ini akan memberikan impact yang besar bagi wisata, seni dan perekonomian Indonesia,” Pungkas Nina.  (Sumber: Laporan Helene Koloway Kompas.com, Trigo Neo Starden, dan Nina Hanafi/IDN Global News )