Kebakaran bisa menimpa siapa saja. Pun bisa terjadi kapan saja. Begitu terjadi, efek kebakaran begitu dahsyat. Api bisa melahap apapun yang ada di rumah anda, jangankan barang elektronik kesayangan anda, tiang beton rumah andapun bisa meleleh. Itu kalau  bicara harta, bagaimana dengan nyawa anda dan keluarga anda?

Di gedung-gedung bertingkat biasanya ada prosedur-prosedur tertentu menghadapi bahaya kebakaran, plus alat-alat pemadam kebakaran. Bagaimana dengan rumah anda?

Sudahkah memiliki jalan keluar darurat kebakaran? Harus! Apa saja yang harus dilakukan saat anda menghadapi darurat kebakaran.

 

1. Buatlah dua jalur keluar di setiap kamar ( 1 adalah alternatif)

2. Gambarlah rencana jalan keluar dan bicarakan dengan keluarga

3. Pastikan pintu-pintu atau jendela-jendela mudah dibuka bila dalam keadaan darurat

4. Sediakan alat-alat pemadam di tempat-tempat strategis dan mudah dijangkau di rumah anda

5. Jika terjadi kebakaran jangan lupa selalu menutup pintu begitu anda berhasil keluar dari satu ruangan

6. Jangan membuang waktu, segera menyelematkan diri bila terjadi kebakaran

7. Jangan panik, bila api belum membesar dan anda masih sempat menyelematkan barang-barang, selamatkan surat berharga seperti paspor atau sertifikat pendidikan lebih dahulu. Tinggalkan barang-barang yang berat dan besar

8. Begitu terdeteksi tanda-tanda kebakaran segera hubungi No telepon darurat  

 

Kebakaran sering terjadi karena korsleting listrik atau arus pendek, maka buatlah instalasi listrik seperti stop kontak atau aliran listrik dari jangkuan anak-anak.  Bila tetangga dekat  rumah anda terkena kebakaran, segera matikan aliran listrik di rumah anda, karena bisa saja aliran listrik rumah anda dan tetangga anda berasal dari satu gardu.

Jangan lupa, alat-alat listrik, kompor gas atau pemanas otomotis membutuhkan perhatian dan perawatan berkala, setidaknya enam bulan sekali.(yayat)