SAM_2479KabariNews.com- Siapa bilang karung goni bekas tidak berguna lagi? Di tangan Reno (38), limbah karung goni bekas dapat disulap menjadi aneka hiasan unik. Dari bentuk becak-becakan, sepeda onthel dan juga orang-orangan yang semuanya terbuat dari karung goni.

Kepada Kabarinews.com Reno becerita ide kreatif ini bermula saat ia membantu membuatkan tugas sekolah anakknya.  “Awal muncul ide membuat kerajinan tangan dari karung goni ini saat buatin prakarya untuk tugas sekolah anak saya,” ujar Pria yang sempat mengenyam pendidikan di IKJ,Jakarta.

Selain menerima pesanan, Reno juga menjajakan hasil karyanya di area wisata kota tua jakarta, Jalan  Surabaya dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Untuk membuat satu kerajinan tangan dari goni Reno membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam. Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya memang diperlukan ketelitian dan kreativitas.

Reno memanfaatkan karung goni, kawat, dan lem kayu yang kemudian dibentuknya menjadi berbagai miniatur. Tak sulit bagi Reno untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut, karena dengan mudah ia mendapatkannya di toko sembako dekat rumahnya.

SAM_2472Hiasan berbentuk miniatur  becak-becakan Reno, menjualnya seharga  Rp. 50.000,- sedangkan hiasan berbentuk sepeda dibandrol Rp. 30.000,- .  Kerajinan unik nya ini banyak diminati oleh wisatawan asing dan kalangan muda.

Tak banyak harapan Reno dalam memajukan usahanya ini, selain ingin menciptakan karya seni unik dengan memanfaatkan barang bekas, Reno juga berharap punya galeri sendiri dan bisa menularkan karya seni dengan membuka lapangan pekerjaan, tapi apa daya modalnya masih terbatas. “Harapan saya sih bisa punya galeri art sendiri.  Saya masih terkendala dengan kurangnya modal dan SDM. Padahal pesenan tuh banyak banget,” kata Reno pada Kabarinews.com 

Kendati demikian, bapak tiga anak ini tetap menekuni profesinya sebagai pengrajin, karena selain hobi tuntutan hiduplah yang membuatnya tetap semangat untuk berkarya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?66689

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah