Memasuki bulan Agustus, bursa transfer sepak bola kian memanas. Klub-klub top Eropa pun berlomba-lomba untuk mengamankan tanda tangan pemain yang mereka perlukan untuk memperbaiki skuad mereka pada musim 2018/19. Pada bursa transfer kali ini, muncul 2 nama pesepak bola keturunan Indonesia, yakni Radja Nainggolan dan Emilio Audero Mulyadi.

Radja Nainggolan

dok. Internazionale

Nama Radja Nainggolan sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar sepak bola. Selain penampilannya yang unik, ia dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di Serie A saat ini. Pada 26 Juni 2018, klub Inter Milan bahkan rela merogoh kocek 38 juta Euro untuk biaya transfer Radja dari AS Roma.

Radja lahir pada tanggal 4 Mei 1988 di Antwerpen. Ia merupakan putra dari Marianus Nainggolan dan Lizy Bogaerts. Meski lahir dan besar di Belgia, Radja menghormati asal-usul leluhurnya dan dengan bangga menyematkan marga Bataknya sebagai nama punggung baik di level timnas maupun klub. Dalam karir profesionalnya, ia pernah bermain di bawah bendera Piacenza, Cagliari, dan AS Roma. Radja tercatat telah mencetak 28 gol dari 155 penampilannya bersama klub asal Roma tersebut di semua lini kompetisi.

Emilio Audero Mulyadi

dok. Juventus

Dari nama belakangnya, seseorang dapat menebak bahwa pesepak bola yang akrab disapa Emil ini merupakan seorang keturunan Indonesia. Pada 17 Juli 2018, klub Juventus memutuskan untuk meminjamkannya kepada klub Serie A Sampdoria hingga 30 Juni 2019. Keputusan ini diambil semata-mata untuk memberi Emil menit bermain yang lebih banyak.

Emil lahir di Mataram (Nusa Tenggara Barat) 21 tahun lalu dari pasangan Edy Mulyadi dan Antonella Audero. Ayahnya merupakan warga negara Indonesia, sedangkan ibunya berasal dari Italia. Meskipun sempat tinggal di Indonesia, ia hijrah ke kampung halaman ibunya di Cumiana pada tahun 1998. Pada usia 11 tahun, ia bergabung dengan akademi sepak bola Juventus. Delapan tahun kemudian, pelatih Juventus Massimiliano Allegri menetapkan Emil sebagai kiper ke-3 di skuad utama Juventus setelah Gianluigi Buffon dan Neto. Emil pun masuk dalam daftar pemain Juventus yang berhasil memboyong Piala Serie A dan Coppa Italia pada musim 2016/17.