tempeTempe tidak hanya akrab di mulut orang Indonesia saja,  Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Orris Blake Jr tanpa dinyana ternyata juga menyukai aneka olahan tempe. Seperti yang dituturkannya pada saat mengunjungi Rumah Tempe Indonesia, di Cilendek, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa. “I love it tempe, kecintaan terhadap tempe ini semakin mendekatkan hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia,” ujar Blake.

Seperti yang dikutip Antara (29/4), Blake Jr mengatakan, selama berada di Indonesia, ia baru mencoba tempe goreng dan tempe bacem. Dan ia baru mengetahui bahwa tempe dapat diolah menjadi aneka penganan lainnya sejak mengunjungi Rumah Tempe Indonesia, di Bogor. “Ternyata aneka makanan dari tempe itu banyak sekali macamnya, baru pertama saya berkesempatan mencicipi aneka produk tempe di Rumah Tempe Indonesia yang enak ini,” ujar Blake Jr yang didampingi Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Blake Jr menyebutkan, tahu dan tempe merupakan penganan penting di Indonesia. Dan 90 persen kebutuhan kedelai di Indonesia diimpor dari Amerika Serikat, padahal lahan petanian Indonesia yang cocok untuk kedelai tidak terbilang luasnya. Menurut dia, kerja sama antara kedua negara terutama dalam memenuhi ketersediaan kedelai perlu dilanjutkan. Walau tidak ada kompensasi yang diberikan Amerika Serikat kepada Indonesia sebagai pengguna kedelai dari negara Paman Sam tersebut. “Kedelai ini produk yang baik, masyarakat Amerika Serikat dapat menjadi penyuka tempe dan tahu ini karena kandungan gizi dan protein yang ada di dalamnya baik untuk semua,” ujar Blake Jr.

Kehadiran Blake Jr untuk menyaksikan peresmian Rumah Tempe Indonesia sebagai pusat inovasi pengembangan tempe dan produk olahan. Ia berkesempatan melihat show room tempat pengelolaan dan pelatihan tahu tempe yang ada di Kota Bogor tersebut. Blake berharap, Rumah Tempe Indonesia dan Forum Tempe Indonesi dapat menjaga kualitas produksi tempe agar lebih aman, sehat dan hygiene, sehingga menjadi penganan yang berkualitas. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?65884

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Tip Top

 

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3