KabariNews – Tahun 2018 AJ Entertainment Production House & Event Organizer menggelar kegiatan sosial untuk anak berkebutuhan khusus (Autis) di Denpasar, Bali.

Funtaustic Festival 2018 diselenggarakan untuk yang kedua kalinya, sebelumnya sudah di adakan di Jakarta. Namun kali ini memilih Denpasar, Bali menjadi tuan rumah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi Anak Berkebutuhan Khusus dalam hal ini untuk anak-anak Autism yang diikuti oleh Anak – anak Berkebutuhan Khusus se Indonesia , bertempat di Desa Budaya Kertalangu, Kesiman, Denpasar, Bali.

Dengan menghadirkan pakar anak Autis sebagai pembicara adalah Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd, M.Si (Imaculata Autism Boarding School ) dan Yudi Hartanto (Certified Play Therapist). 

Selain penyelanggara khusus, acara ini didukung sepenuhnya oleh Imaculata Autism Boarding School yang merupakan sekolah anak berkebutuhan khusus dan berasrama yang didirikan oleh Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd, M.Si sejak tahun 2000 yang silam. Wanita yang akrab disapa bunda ima ini mengawali misinya menjadikan anak autis sebagi sosok yang mandiri dan tidak terlantar.

Baca juga : Imaculata Tanamkan Anak Autis Untuk Mandiri

Selain itu, acara yang berbasis kegiatan sosial ini juga mendapat dukungan penuh dari berbagai mitra usaha, diantaranya D’Tukad Mancing, Amidis Indonesia, Mofomofa , OZ Radio. Indoworld dan masih banyak lagi yang lainnya.

Acara ini juga didukung sepenuhnya oleh instansi pemerintah seperti, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Sosial Republik Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Kegiatan ini terselenggara berawal dari keinginan AJ Entertainment untuk memberikan kesempatan kepada ABK dalam hal ini anak-anak autis untuk bisa mengembangkan potensi diri dalam hal kreativitas seni dan menggali potensi diri Anak – anak berkebutuhan khusus ( AUTIS Tidak hanya itu, acara ini memberi kesempatan kepada para orang tua anak-anak istimewa kita ini untuk melihat bakat dan minat dari putra putri mereka.

Yang melatar belakangi diselengrakannnya acara ini adalah Anak-anak autis selalu menyimpan kelebihan, bakat dibalik segala kekurangannya, melihat hal ini peran orangtua penting dalam menggali dan memfasilitasinya.

Setiap anak diciptakan unik, istimewa, serta memiliki potensi terpendam yang perlu digali, tak terkecuali anak-anak autis.

Beberapa orangtua para anak-anak autis yang sempat diwawancarai memiliki keyakinan yang hampir sama. Bahwa dibalik keunikannya , anak-anak autis memiliki potensi besar yang dapat dikembangkan. Mencari potensi yang luar biasa pada anak autis, karena di kemudian hari kelak anakanak autis dapat menjadi mandiri dan andalan di masa dewasa. Anak-anak autis perlu diperkenalkan dengan berbagai kegiatan bervariasi dan membantu mereka untuk bisa mandiri di kemudian hari.

Tahun 2018 kami mengusung Tema Besar “WE’RE ALL FANTASTIC” Karena anak-anak Autis itu adalah sejajar dengan anak lainnya dalam hal potensi, kreativitas dan kualitas hidup serta memiliki kesempatan yang sama untuk mengaktualisasikan diri.

Dengan demikian Funtaustic Festival merupakan sebuah festival yang “Fun” bagi anak – anak Autis (Autistic). Dengan tujuan memfasilitasi kebutuhan anak – anak autis akan sosialisasi guna menggali potensi diri dan kepercayaan diri anak -anak autis sehingga mereka dapat berbaur dengan masyarakat.

Melatih kemandirian anak – anak autis sehingga mereka dapat memberikan kontribusi di dalam lingkungan sekitarnya dan terbangunnya awareness terhadap autis sehingga perlu melakukan deteksi autis sejak dini.

Selain itu, beberapa narasumber dihadirkan untuk memberikan edukasi seputar dunia Autistic dari bidang terkait seperti ahli gizi (yang membahas makanan untuk penderita autistic), Psikolog anak tumbuh-kembang dan pakar therapist Autism.

Untuk memeriahkan acara tersebut, penyelenggra juga menciptakan suatu Playground besar yang berkaitan dengan Autis. Sebuah playground yang berisi wahana yang sarat akan edukasi dan permainan, antara lain Art Exhibition Area untuk pameran Lukisan anak-anak Berkebutuhan Khusus (Autis), Talkshow Autalks Acara puncak Autalks mengundang Narasumber & Bintang Tamu orang tua dari anak Autis yang sukses. Kemudian ada Fun Workshop antara lain, Menyanyi, Menari, dan melukis dan tak kalah menarik adalah pentas seni Talent show yang menampilkan anak-anak autis yang berbakat bermusikalitas serta lomba berkesenian musik, menyanyi dan menari.

Acara ini juga akan dilengkapi dengan ada beberapa booth counseling untuk konsultasi keluarga yang mempunyai Anak – anak Autis, juga Food Bazaar & Booth Disediakan booth-booth makanan sehat dan aman untuk anak-anak autis (organik food, glutten free , Kaseein free dll) Selain itu, ada Play Therapy Wahana healing atau metode alternatif yaitu therapy bagi anak-anak autistic yang menampilkan therapy – therapy lainnya sebagai jalan alternatif.

“Kami berharap event ini dapat terus berlanjut serta semua lapisan masyarakat dapat ikut berpartisipasi dan berperan dalam Menjadi Sahabat Keluarga Auti,” pungkas Latesha Ivi Indriani selaku President director AJ Entertainment.