KabariNews – Musisi muda berbakat, Afgan Syahreza, kembali memberikan kejutan kepada penggemarnya, setelah sukses membawa pulang penghargaan Anugerah Planet Muzik 2017 untuk lagu “X” sebagai  kolaborasi terbaik.  Afgan  baru saja meluncurkan video klip “X” single terbarunya  bersama  SonaOne Rapper asal negeri Jiran,  lagu  X yang diartikan Afgan  sebagai  mantan pacar ini bukan lagu yang biasa. 

“Lagu X ini menceritakan tentang masa lalu yang ingin kita lupakan, agar bisa move on kedepannya, “  kata Afgan saat konferensi pers peluncuran video klip Afgan featuring SonaOne “X” di Decanter, Plaza Kuningan, Jakarta, (1/10).

Selain itu, Afgan mengaku, kalau dirinya keluar dari zona nyamannya dalam bermusik untuk menghasilkan single ini. Afgan yang selama ini lebih dikenal penyanyi Ballad Indonesia, kini Afgan mempersembahkan genre yang berbeda serta  memperlihatkan kualitasnya sebagai penyanyi tanah air yang serba bisa, “Saya akui, kalau lagu ini merupakan a whole new sound from me tapi pasti banyak orang yang bisa relate dengan lagu ini, “ katanya.

Proses penggarapan lagu ini cukup singkat, karena Afgan dan SonaOne telah saling mengenal dan mengagumi karya masing-masing, sehingga terbentuk chemistry diantara keduanya.

“Saya dan Afgan sudah saling kenal sejak lama. Dan waktu itu kami juga pernah saling kontak dengan Trinity Optima Production. Dan waktu pembuatan albumnya, pihak dari Trinity Optima Production mengajak saya untuk membantu membuat lagu di album sides hanya butuh waktu seminggu, Afgan ke Malaysia untuk membicarakan lagu ini. dan minggu depannya, saya ke Jakarta untuk proses rekaman, “ ungkap SonaOne.

Uniknya, single yang penuh makna mendalam ini juga disertai dengan kampanye yang menarik. #XCeritaMU pun menjadi salah satu kegiatan sosial media yang bisa mendekatkan para Afganisme dengan single lagu X ini.

Melalui akun instagramnya, Afgan mengajak penggemarnya untuk menceritakan perjuangan move on dari kisah masa lalu mereka ke instagram. Sejumlah ratusan penggemar yang mengikuti kampanye tersebut, dipilih Sembilan pemenang dan mendapatkan mention khusus dari Afgan, kedepannya Afgan juga berencana mengadakan Xmarket, sebuah garage sale, dimana para penggemarnya dapat menghibahkan barang-barang dari masa lalu mereka untuk dijual disana.

Video klip yang digarap oleh Candi Soeleman ini memiliki konsep urban dengan pemandangan gedung-gedung futuristtik yang tiap spotnya diambil dengan gaya clean cut dan minimalis, Candi memilih Korea Selatan sebagai lokasi yang tepat untuk video klip ini, “Karena untuk video klip ini saya ingin memperlihatkan sisi Afgan yang modern gentlemen ditengah kota. Dan dibandingkan negara lainnya, Kore Selatan memilki lebih banyak panorama gedung-gedung futuristic, “ ungkap Candi.