KabariNews – Dengan adanya Presiden baru, tentunya penduduk di Amerika berharap akan masa depan yang lebih baik. Memperbaiki segala bidang baik sosial dan ekonomi serta tatanan negara. Setelah Donald Trump terpilih sebagai Presiden, gagasan dan perubahan yang akan dilakukan banyak menuai komentar positif dan negatif. Beberapa merasa pesimis dan yang lainnya merasa optimis dapat membuat Amerika menjadi lebih baik. Sekarang ini yang harus kita lakukan bukanlah menuding kesalahan lama atau hanya mengungkapkan kecemasan. Yang terpenting adalah penduduknya bersatu padu mengerjakan yang benar, memperbaiki yang salah, menebalkan rasa persatuan dan saling menghargai antar penduduk baik warganegara Amerika atau pendatang. Semua memiliki pengharapan yang sama agar Amerika menjadi negara yang aman dan nyaman. Seperti pengharapan empat orang Indonesia yang bertempat tinggal di Amerika saat ini.

Lastri Ekowati (Germantown, Maryland)

Saya berharap tahun depan semoga makin banyak lowongan kerja dan health care lebih tertangani dengan baik. Di bagian pendidikan juga makin lebih baik. Masalah pajak juga diperhatikan. Semoga berkurang bukannya makin membumbung tinggi. Satu lagi yang tidak kalah penting, bagian imigrasi agar lebih diperketat.

Agustina Evaliasih (Seattle, Washington)

Harapannya adalah kehidupan di Amerika akan lebih nyaman dan bersahabat. Kebebasan beragama semakin berkembang serta saling bahu membahu tidak pilih-pilih ras atau agama. Kemudian soal pendidikan, jangan semakin mahal. Dan yang lagi ramai dibicarakan, masalah penggunaan senjata. Penggunaaan senjata agar lebih terkontrol jangan bebas begitu saja. Pembinaan karakter di sekolah dari awal sampai sekolah menengah juga menjadi hal penting. Agar mereka mengerti masalah budi pekerti karena biar tidak bablas. Artinya mereka mengerti mana yang baik dan mana hal buruk dan tidak boleh dilakukan.

Imelda Kodrata (Chantilly, Virginia)

Harapan saya agar dengan pemerintahan dan Presiden yang baru, semoga semua aspek menjadi lebih baik. Memang banyak sekali kontra yang saya dengar dengan terpilihnya Presiden terpilih Trump. Tapi saya yakin, semua mengharapkan yg terbaik untuk ke depannya. Baik itu tentang masalah keimigrasian, hak perempuan, toleransi kehidupan beragama, dan lain sebagainya. Saya sejujurnya tidak begitu mengikuti dengan detil tentang kancah politik di Amerika. Hanya sedikit tahu sana sini. Jadi saya hanya memberikan pandangan pribadi saya sebagai penduduk yang tinggal di Amerika.

Ratna Fatma (Pittsburgh, Pennsylvania)

Jujur saja, harapan saya lebih mengarah pada masalah keimigrasian terutama yang berkaitan dengan muslim. Karena pada awal pemilihan Presiden mendapat kesan bahwa Trump tidak menyukai dan akan melarang muslim masuk ke Amerika dan mempersulit untuk mendapatkan visa. Meski mereka memiliki alasan jelas akan menengok anak dan cucu. Tapi coba kita lihat setelah sekarang dia berjanji akan menyetujui semua yang masuk ke Amerika secara legal. Saya pemegang kartu Green Card dan berharap keluarga saya lancar dalam urusan perijinan ketika akan berkunjung ke sini.

Yang kedua adalah masalah image Amerika di Indonesia yang mesti kita benerin, sekarang ditambah dengan Presiden yang orang melihatnya rasis pula. Saya berharap ini tidak memperburuk keadaan. Banyak orang Indonesia yang tinggal di sini yang menghindari menjawab jika ditanya tentang Trump. Jujur jika saya pulang ke Indonesia bersama suami dan ditanya darimana asal suami, saya melihat beberapa yang tidak menyukainya. Apakah ada kemungkinan pemerintahan baru atau pemimpin baru ini dapat melakukan sesuatu untuk mengubah image itu? Harapan saya semoga ada. (Riana/Foto : ist)