Akhir-akhir ini harga bahan bakar minyak di Amerika Serikat sepertinya tidak kunjung turun. Cenderung naik, malahan. “Gila aja,masa gue musti bayar $4 segalon. Kepala gue langsung cekot-cekot,” kata Rahman sehabis mengisi bensin mobilnya di San Francisco baru-baru ini.

Menurut AAA California Utara, harga minyak mentah di pasaran dunia sudah mencapai $ 116 per barel, padahal tahun lalu hanya $ 60 per barrel.

Alasan tingginya harga minyak mentah tidak sepenuhnya jelas. Anjloknya nilai tukar dollar dinilai sebagai pemicu melambungnya harga bahan bakar di Amerika Serikat. Minyak memang diperjualbelikan dalam dollar. Jadi,ketika nilai tukarnya rendah, perlu lebih banyak dollar untuk membeli sebarel minyak. Sebagian orang kurang bisa menerima alasan ini, mereka percaya ulah spekulan keuangan di pasar komoditas punya andil dalam kenaikan harga minyak.

Menurut laporan AAA bulan lalu, harga rata-rata bensin secara nasional adalah $3.23, naik 27 sen. Di California, 35 persen lebih tinggi dari harga rata-rata nasional. Harga bensin termurah terdapat di Cheyenne, Wyoming, yakni $2.97 dan harga bensin paling mahal adalah di Wailuku, Pulau Maui di Hawaii, di mana segalon bensin dijual $3.93.

Jangan berpegang pada harga-harga di atas tentunya. Karena bisa berubah dari hari ke hari. Yang jelas dan pasti, tidak ada negara bagian di AmerikaSerikat yang harga bensinnya rata-rata dibawah tiga dollar !

Agar kepala tidak terlalu pening, berikut ada tip menghemat bensin. Oh ya,agar Anda bebas cekot-cekot, jangan lupa biasakan berjalan kaki atau naik sepeda!

TIP NGIRIT DUIT SEBELUM BELI BBM

Hindari menggunakan bensin premium

Harga bahan bakar premium biasanya lebih mahal 20-25 sen per galonnya dibanding harga bahan bakar biasa. Kalau mobil Anda tidak butuh BBM jenis premium, tidak usah beli. Anda buang-buang uang saja. Cek dulu buku manual mobil Anda. Kalau produsen mobil tidak mensyaratkan mobil Anda memakai BBM beroktan tinggi, pasti kendaraan anda tetap berfungsi baik meski menggunakan BBM yang lebih murah.

Buka mata buka telinga

Karena harga bensin berubah setiap harinya, biasakan periksa dulu harga bensin sebelum membeli. Jadi sebaiknya Anda buka mata dan buka telinga. Ada sejumlah situs internet yang bisa membantu Anda mendapatkan pom bensin dengan harga termurah di Amerika. Antara lain :
– www.aaa.com/gasprices
– www.gasbuddy.com

Cek ban mobil

Setiap pound tekanan ban mobil Anda kempis, Anda akan kehilangan dua persengas mileage. Ban mobil bisa saja terlihat normal dan cukup anginnya,padahal sudah kehilangan lima persen angin. Karena itu sering-seringlah mengecek ban mobil Anda. Atau mintalah bantuan montir mobil setiap kali ganti oli.

Berkendaralah secara normal

Kemudikan mobil secara konservatif. Jangan menekan gas terus menerus, karena itu bikin boros. Dengan mengemudi secara konservatif seperti mengikuti batas kecepatan, lambat waktu menambah kecepatan, mengantisipasi saat berhenti atau tidak terburu-buru menghentikan mobil, Anda bisa menghemat pemakaian bensin. Juga, jangan menyimpan barang-barang yang tidak perlu di bagasi mobil. Tambahan beban mempengaruhi konsumsi BBM.

Gunakan diskon

Manfaatkan kartu kredit yang menawarkan diskon pembelian BBM. Contohnya, kartu AAA. Lebih jauh lagi adalah pembelian tunai, karena sebagian pompa bensin mensyaratkan biaya tertentu setiap kali Anda memakai ATM. (magenta)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik Disini www.KabariNews.com/?31214