KabariNews – Ke San Diego, Anda bisa serasa berada di Bali? Wah, pasti semua orang ingin ke sana, karena sangat jarangnya ditemukan. Ya, itulah kiat Indonesia untuk mempromosikan kesenian dan budaya Nusantara ke mancanegara. Lokasi yang dipilih pun yang strategis, seperti yang baru digelar di wilayah Pantai Barat Amerika Serikat, yakni tempat bertemunya para pelaku bisnis maupun tokoh intelektual. Menarik!

Wilayah Pantai Barat, Amerika Serikat kembali jadi tempat berkumpul para pebisnis, akademisi maupun media lokal saat digelar promosi dagang Indonesia oleh KJRI Los Angeles bersama Indonesia Trade Promotion Center Los Angeles (ITPC LA). Acara hari itu bertema Experience Remarkable Indonesia dilakukan di Pantai Inn Resort, sebuah hotel dengan nuansa Bali yang berlokasi di tepi pantai La Jolla, San Diego Greater Area.

Para pebisnis yang hadir kala itu berasal dari San Diego dan sekitarnya. Mereka bertemu para importir produk Indonesia antara lain kopi, teh, makanan dan minuman, furnitur, home decor dan produk kerajinan.

“Kami sedang coba perluas cakupan promosi dagang di wilayah-wilayah non tradisional di AS, seperti San Diego. Selama ini promosi dagang masih berfokus di kota-kota besar seperti Los Angeles, New York, Chicago, dan San Francisco,” ujar Konsul Jenderal RI Los Angeles, Umar Hadi.

20150617 - Pantai Inn1

Selain itu juga diselenggarakan business matching antara importir dengan pemilik hotel Pantai Inn sebagai upaya memasok produk Indonesia di hotel ini serta pertemuan dengan pemilik jasa pariwisata seperti agen pariwisata dan maskapai penerbangan.

“Hotel bertema Indonesia, khususnya Bali cukup sulit ditemui di Amerika Serikat. Dengan adanya acara ini diharapkan hotel ini dapat merepresentasikan Indonesia dengan menggunakan produk-produk buatan Indonesia serta menjadi tempat promosi agar tamu hotel ini mau berkunjung ke Indonesia. Jadi, ini promosi menyeluruh baik produk maupun jasa hingga pariwisata” ujar Umar Hadi kembali.

Pemilik Hotel Pantai Inn, Laurnie Jackson, selama ini sangat aktif dalam mempromosikan Indonesia. Kecintaannya pada Indonesia, khususnya Bali membuat Laurnie ingin menggunakan seluruh fasilitas yang ada di hotelnya, mulai dari furnitur, home decor sampai dengan menu di restorannya, dengan produk-produk buatan Indonesia.

“Saya sangat senang akhirnya bisa diperkenalkan dengan para pemasok produk Indonesia. Dari sini bisa dilakukan tahap untuk melengkapi suasana hotel agar jadi lebih Indonesia,” kata Laurnie.

20150617 - Pantai Inn2

Pada acara ini para peserta disajikan hidangan khas Indonesia yang disiapkan oleh Chef Yono Poernomo, salah seorang chef asal Indonesia yang sukses membuka restoran mewah yang menyajikan masakan Indonesia di Albany, New York. Hidangan yang disajikan yaitu lontong, sate ayam, sate daging, bakmie goreng dan kolak pisang sebagai penutup dengan menggunakan bumbu-bumbu instan Indonesia yang sudah dapat dibeli di Amerika Serikat. Selain itu juga disediakan produk-produk makanan dan minuman Indonesia seperti Bali Wine, kopi Sumatera, teh hijau Jawa Barat, makanan ringan produksi Indonesia dan cemilan-cemilan tradisional.

20150617 - Pantai Inn4

Kepala ITPC Los Angeles Arief Wibisono mengatakan, acara ini sekaligus untuk mengkeikutsertakan Indonesia pada pameran Summer Fancy Food Show di New York yang terselenggara pada 28-30 Juni lalu. Di sana ada 40 persen perusahaan yang akan berpartisipasi hadir dalam acara ini.

Summer Fancy Food Show merupakan pameran produk makanan-minuman olahan terbesar di Amerika Serikat. Tak heran jika menyedot jumlah pengunjung hingga 20 ribu orang tiap tahunnya. Selain itu Arief juga mengundang para pebisnis untuk mengunjungi Trade Expo Indonesia pada 21-25 Oktober 2015, yang merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia. (KJRI LA)


Informasi lebih detail hubungi:

Arief Wibisono

Kepala Indonesia Trade Promotion Center Los Angeles

3457 Wilshire Blvd. Suite 101. Los Angeles, CA 90010

213.387.7041

itpcla@sbcglobal.net

www.itpcla.com

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78102

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

kabari store pic 1