Perayaan 150 tahun Konjen AS di SurabayaKabariNews –  Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Surabaya, merayakan ulang tahun yang ke 150 keberadaan Konjen AS di Surabaya.  Ulang tahun ini menandai dibukanya kerjasama AS dengan Indonesia wilayah Timur, sekaligus merayakan ulang tahun Kemerdekaan AS yang ke-240, pada 4 Juli 2016 mendatang.

Duta Besar Amerika Serikat, Robert O Blake dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava, Jumat (27/5) malam, mengundang sejumlah tamu di Kantor Konjen AS di kota sahabat lama AS yaitu kota Surabaya untuk merayakannya. Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Gubernur Sulawesi Utara, Walikota Surabaya, Walikota Manado, beberapa pejabat, dan awak media dalam malam penjamuan.

Konjen AS di Surabaya, Heather Variava menyambut gembira perayaan ulang tahun hadirnya Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, sebagai tanda terjalinnya hubungan kerja sama antara Amerika Serikat dengan Indonesia. Dalam sambutannya Heather menyampaikan  bahwa 150 tahun lalu, Amerika Serkat memutuskan bahwa Indonesia Timur merupakan daerah yang sangat penting untuk Amerika Serikat. “Kami sangat senang tahun ini karena dapat merayakan ulang tahun yang sangat penting seperti ini” paparnya.

Heather berharap kerjasama antara kedua negara khususnya wilayah timur Indonesia dapat semakin ditingkatkan, terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi dan maritim.

Dalam sambutannya, Dubes Blake juga mengatakan pentingnya hubungan AS dengan Indonesia. Dubes pun meyakini kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat akan memasuki tahap yang lebih maju, terutama dalam bidang ekonomi digital. “Kedua negara ini, sama-sama mencintai demokrasi. Indonesia dan Amerika tetap bersatu berdasarkan persamaan nilai dan komitmen sebagai mitra untuk mempromosikan kemakmuran ASIA”, katanya.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan rasa bangga dan senangnya atas kerjasama Indonesia dengan Amerika. Terlebih tahun ini kata Soekarwo telah ditandatangani kerjasama antara pengusaha Jawa Timur dengan 20 pengusaha Amerika Serikat.  “Hubungannya semakin erat, terutama Jawa Timur. Kemarin ada 20 pengusaha menandatangani MOU di dalam trade, tourism, and investment. Ini sangat penting karena menyangkut trust, kepercayaan di sini, investasi, dagang, tourism, menjadi sangat baik” kata Gubernur Jawa Timur.

Perayaan Kemerdekaan AS dan ulang tahun Konjen AS digelar lebih awal, karena waktu perayaan yang sebenarnya bertepatan dengan bulan Ramadan. Perayaan yang diselenggarakan  di pelataran kantor Konjen AS di mulai pukul 18.00 WIB. Dalam acara tersebut, disuguhi penampilan marching band dari pondok Pesantren Jawaahirul Hikmah, Tulungagung. Tamu undangan berkesempatan menonton video dokumenter sejarah keberadaan Konjen AS yang pertama kali didirikan pada tahun 1866. (Yan-Jatim)