KabariNews– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menemui mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton disela-sela pertemuan yang membahas ekonomi dunia, World Economic Forum (WEF) di Kongresszentrum, Davos, Swiss, Kamis (27/1).

Berdasarkan keterangan Juru Bicara Kepresidenan Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, pertemuan keduanya ini dalam rangka meningkatkan kerjasama bilateral Indonesia-Amerika.
Seperti dilansir dalam situs resmi presidenri.go.id, Jumat (28/01), dijelaskan bahwa selain Bill Clinton, Presiden SBY juga sempat bertemu dengan Sekretaris Jenderal Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-Moon, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, dan Presiden Konfederasi Swiss Micheline Calmy-Rey.
“Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam kesempatan pertemuan dengan Presiden SBY menyampaikan harapan agar Indonesia dapat meningkatkan peranannya dalam misi-misi peace keeping operation,” ucap Teuku.
Teuku menambahkan, bahwa mantan Presiden AS Bill Clinton sangat mengharapkan agar Indonesia dapat membantu rekontruksi dan rehabilitasi Haiti pasca terkena bencana alam, seperti yang pernah dilakukan Indonesia saat menangani Aceh pasca disapu gelombang tsunami pada tahun 2004 silam.
Sementara itu, dalam pertemuannya dengan Presiden Perancis Sarkozy, kedua pimpinan negara ini memfokuskan kerjasama keduanya di forum internasional G20, khususnya dalam hal ketahanan pangan.