KabariNews  – Mungkin bagi sebagian penikmat kopi, ampas (sisa) kopi tidak lagi bermanfaat karena sarinya sudah dinikmati. Tapi tahukah Anda, jika lebih kreatif ampas kopi bisa jadi ‘sampah’ yang bermanfaat dan menguntungkan. Ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, diantaranya untuk menyuburkan tanaman, merawat kecantikan dan membersihkan peralatan rumah tangga.

Berminat memanfaatkan sisa kopi Anda? Jangan buang ampasnya, tapi manfaatkan untuk beberapa macam kebutuhan berikut :

Pupuk alami

Ampas kopi mengandung banyak nitrogen yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami atau kompos. Tapi perlu Anda tahu, ampas yang digunakan bukan sisa kopi yang baru saja Anda minum, tapi yang sudah lama dan terurai. Anda bisa memulainya dengan mengumpulkan ampas kopi dari gelas-gelas sebelumnya, misalnya dari sisa satu bulan. Simpan dalam wadah. Pengolahannya cukup mudah, campurkan ampas kopi dengan daun-daun atau sisa sayuran yang sudah tidak terpakai dengan perbandingan sama. Diamkan beberapa hari sebelum digunakan untuk pupuk alami.



Membersihkan perlatan rumah tangga

Ampas kopi yang kasar bisa digunakan untuk pembersih noda atau kotoran. Anda bisa memanfaatkannya untuk membersihkan peralatan dapur atau rumah tangga yang kotor. Gunakan spons dan air bersih, tambahkan ampas kopi dan gosoklah bersamaan. Peralatan yang terbuat dari alumunium atau besi dan kaca bisa tampak lebih bersih seperti baru. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih.

Menghilangkan aroma tak sedap di kulkas

Aroma tidak sedap dalam kulkas biasanya terjadi karena banyak sekali bahan makanan yang terbuka dan mencemari isi kulkas. Atasi masalah tersebut dengan mengandalkan ampas kopi. Fungsi ampas kopi hampir sama seperti baking soda yaitu menetralisir aroma tak sedap. Mudah sekali caranya, hanya dengan meletakkan ampas kopi dalam wadah dan taruh di kulkas. Dengan sendirinya aroma akan terserap ampas dan aroma tak sedap pun hilang.

Menghaluskan goresan kasar furnitur

Tekstur kopi yang kasar bisa juga untuk mengatasi atau mengembalikan tampilan furnitur Anda yang sudah tergores. Caranya mudah, yaitu campurkan air hangat, cuka dan ampas kopi kemudian gosokan pada permukaan furnitur yang tergores. Lakukan perlahan sampai goresan memudar dan tampilannya kembali seperti semua.



Menghaluskan wajah

Ingin kulit lebih halus tanpa flek hitam dan pori-pori kasar jadi pudar? Lakukan perawatan alami dengan mengandalkan ampas kopi. Ambil sisa kopi lalu campurkan minyak zaitun dengan perbandingan sama. Gosokkan lembut pada permukaan wajah, sambil terus dipijit agar aliran darah pada wajah lancar. Masker ampas kopi ini membantu mengelupas sel-sel kulit mati di permukaan wajah, sementara campuran minyak zaitun membantu melembabkan wajah. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Mengobati telapak kaki pecah-pecah

kapalan atau kulit mengeras pada telapak kaki memang sulit diatasi, terlebih kalau sudah pecah-pecah. Tapi kini Anda tidak perlu khawatir, karena ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Gosokkan ampas kopi setiap hari pada telapak kaki yang pecah-pecah. Perawatan ini sekaligus bisa menghaluskan kaki.

Mencerahkan kulit

Ingin mencerahkan kulit kusam? Atasi dengan menggunakan ampas kopi sebagai lulur. Meskipun sudah bekas tapi masih bermanfaat, yaitu mencerahkan kulit dan mengangkat sisa sisa kotoran yang menempel pada tubuh. Campurkan ampas kopi dengan minyak kelapa. Gunakan sebagai lulur, ratakan ke seluruh bagian sambil terus digosok perlahan. Diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini satu minggu sekali.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?73159

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan