Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada hari Minggu bahwa pedoman jarak sosial nasional yang ditujukan untuk memperlambat penyebaran virus corona atau Covid-19 akan diperpanjang hingga 30 April.

“Kami akan memperpanjang pedoman hingga 30 April, untuk memperlambat penyebaran,” kata Trump pada briefing Satuan Tugas Koronavirus Gedung Putih yang diadakan di White House Rose Garden. 

“Pada hari Selasa, kami akan menyelesaikan rencana ini dan memberikan ringkasan dari temuan kami, data pendukung dan strategi kepada rakyat Amerika.”

Presiden mengatakan pemodelan menunjukkan bahwa puncak tingkat kematian Covid-19 di Amerika Serikat kemungkinan akan mencapai dalam dua minggu.

Trump berharap negara itu akan menuju pemulihan pada 1 Juni.

Anthony Fauci, salah satu pakar kesehatan terkemuka di tim satuan tugas, memperingatkan pada hari sebelumnya bahwa AS berpotensi kehilangan 100.000 hingga 200.000 nyawa akibat penyakit virus corona.

Pedoman jarak sosial  yang awalnya dirancang untuk 15 hari dan akan segera berakhir jika tidak diperpanjang ini menyarankan orang Amerika untuk menghindari perjalanan yang tidak penting, mencegah berkumpulnya 10 orang atau lebih lansia untuk tinggal di rumah, dan lain-lainnya.