komik BaladevaKabariNews – Komik fiksi sejarah kolasal berjudul ‘Baladeva’ (Chronicle of Calon arang) ini, telah berhasil diterbitkan oleh Tantraz Komik Bali, perusahaan penerbitan dari Pulau Dewata. Komik ini, berusaha mengangkat kembali sebuah legenda kuno Jawa/Bali dari abad ke 12, yang berlatar belakang masa kekuasaan Raja Airlangga pada abad ke 11.

Komik ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang Kebo Parang dalam perjalanan menjadi tentara kesatria yang bersikap seperti dewa. Ini cerita tokoh dari sisi sudut pandangan rakyat (Kebo Parang-red) yang digarap oleh 13 perupa asal Bali, yang dapat dinikmati tampilannya dengan full color digital printing.

Ary Wicahyana, selaku penulis sekaligus CEO Tantraz Komik Bali mengatakan, ini bertujuan untuk mengangkat pengetahuan sejarah melalui komik agar mudah di pahami semua kalangan. “Kami telah meluncurkan edisi cetak volume 1 dan 2, selanjutnya akan kami buat dan dilanjutkan di digital”, kata Ary.

Komik yang ditulis oleh Ary selama tiga tahun lalu, akhirnya bisa diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2016 lalu. Dan saat ini, komik Baladeva telah diluncurkan secara digital. Selain itu, perusahaannya juga akan mempublikasikan karya-karya lain, seperti novel dan kumpulan puisi.

Selanjutnya, Ary menceritakan kisah yang ada dalam komiknya. Seperti sedikit yang telah dkisahkan diatas, Kebo Parang ingin menjadi prajurit (Balaraksa-red), namun tidak diizinkan oleh ayah kandungnya sendiri yang bernama Empu Daksa. Ayahnya, menginginkan Kebo Parang untuk memahami 5 sifat alam (Asta Brata-red) terlebih dahulu.

Dalam menempuh perjalanannya untuk memahami 5 sifat alam, Kebo parang bertemu dengan seorang guru (Pancama-red) dan perlahan-lahan Kebo Parang mulai memahami 5 hal menuju kebenaran.

“Komik ini dikerjakan oleh 13 seniman, yang terdiri dari 2 orang story board, 2 orang color bloking, 2 orang pensiler, 1 orang carving, 5 orang coloring dan 1 orang lagi sebagai finishing” tutur Ary.

Komik yang telah terbit sebanyak 83 halaman ini, dengan 5 volume (pembukaan atau ekaparwa) yang kemudian akan diteruskan kisah lanjutannya (dwiparwa) sebanyak 3 volume, bisa dinikmati dengan mengunduh di google playstore dengan nama Baladeva Comics (Tantraz Books). (Yan-Jatim)