KabariNews – Konduktor asal Indonesia, Adrian Prabava, sukses memimpin konser musik klasik bersama Sofia Philharmonic Orchestra dan violinis asal Bulgaria Dimitar Ivanov pada 5 Oktober yang lalu di Bulgaria Hall kota Sofia.

Adrian Prabava, adalah salah satu diaspora Indonesia yang sukses membangun karirnya sebagai konduktor tingkat internasional. Dengan gaya yang enerjik, Adrian sukses memukau sekitar 700 penonton.

Tampilan di Bulgaria ini merupakan kedua kalinya setelah pertunjukan akhir tahun lalu. Berbagai penonton menyampaikan pujian akan penampilan konduktor yang tampil all out tersebut dan dapat membuat para penonton betah untuk menikmati pertunjukan musik klasik hingga akhir pertunjukan.

Acara ini mendapat dukungan penuh dari KBRI Sofia. Menurut Dubes RI Sofia, prestasi Adrian yang  juga membawa nama Indonesia perlu didukung.

Di sela-sela acara konser juga dimanfaatkan untuk promosi destinasi wisata dan produk Indonesia. Para penonton dapat menikmati pameran foto keindahan alam Indonesia dengan mencicipi kuliner khas nusantara seperti lemper, dadar gulung, dan pastel.

Berawal dari seorang pemain biola, Adrian Prabava menjadi konduktor tingkat internasional. Bertahun-tahun dirinya tinggal di Eropa, namanya tidak terkenal di Indonesia. Karir internasionalnya diawali ketika memenangkan kompetisi untuk konduktor muda pada tahun 2005 di Perancis.

Lahir dan besar di Indonesia, Adrian belajar menjadi konduktor dari Eiji Oue di the Hochschule für Musik, Theater und Medien Hannover.

Lebih lanjut, yang bersangkutan juga ikut kelas Jorma Panula, yang menjadi mentornya selain Kurt Masur dan Bernard Haitink.

Kerap kali tampil di berbagai orkestra dunia, untuk tahun 2017 ini, jadwal Adrian Prabava diantaranya adalah menjadi konduktor untuk memimpin orkestra di Luxemburg, Slovakia, Jepang, Turki, Denmark, dan Jerman.

Adrian juga mengungkapkan keinginannya untuk dapat tampil suatu saat di Indonesia dengan membawa London atau Sofia Philharmonic Orchestra.