foto by didit 4KabariNews – Kita tentu mengenal dan sering melihat bongkahan besi yang dikendarai orang juga bisa melaju indah di jalan raya. Apa lagi kalau bukan Vespa, motor antik yang telah melegenda bahkan telah digemari sejak nenek atau kakek kita masih muda belia. Tidak ada yang bisa menirukan keangkuhan motor pabrikan italia ini. Perjalanan panjang yang telah dilewati mengikuti berbagai macam perjalan dunia, membuatnya menjadi tersohor dikalangan pabrikan motor yang ada saat ini. Namun, dibalik kesuksesannya sebagai Skuter dengan penjualan terbesar dalam sejarah Dunia, Vespa juga ternyata punya sejarahnya tersendiri.

Perjalanan sejarah vespa telah dimulai lebih dari seabad yang lalu, tepatnya tahun 1884. Sebuah perusahaan automotif yang bernama Piaggio didirikan di Genoa, Italia oleh Rinaldo Piaggio. Pada awalnya justru perusahaan ini memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin juga Kereta api. Hingga pada tahun 1917 pabrik dari Piaggio di Pisa menjadi pusat produksi pesawat (baling-baling, mesin dan pesawat) sampai setelah Perang Dunia II melahirkan produk otomotif fenomenal yaitu Vespa. Diakhir Perang Dunia II perekonomian Italia sangat merosot. Juga memaksa Piaggio bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa dibom oleh pasukan sekutu. Meskipun pabrik ini hancur dibom, perusahaan tidak berhenti pada waktu itu. Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya melanjutkan jalannya perusahaan keluarga saat itu. Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat dan beralih menghasilkan peralatan transportasi yang dibutuhkan oleh orang-orang di Italia dengan harga terjangkau.

Dengan mempekerjakan pembuat pesawat, ahli insinyur CorradinoD’Ascanio untuk membuat desain dari kendaraan transportasi saat itu. Sampai akhirnya mereka menciptakan sebuah prototipe Vespa bernama MP5 atau lebih dikenal oleh orang-orang Italia sebagai Paperino (Donald Duck) karena bentuknya seperti bebek. Namun, vespa model MP5 tidak disukai Enrico Piaggio sehingga meminta Corradino D’Ascano untukmengubah desain model vespa MP5. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India. Selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.

Di Indonesia vespa adalah salah satu motor paling legendaris dalam sejarah transportasi roda dua.  Keberadaannya tak lekang oleh waktu, dimulai sejak era vespa 2-Tak kontemporer, hingga vespa modern seperti sekarang. Tren penggun vespa berawal dari Vespa Kongo. Yaitu vespa penghargaan dari pemerintah Indonesia kepada kontingen Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia. Pasukan yang bernama Kontingen Garuda (KONGA) itu adalah pasukan Tentara Nasional Indonesia yang ditugaskan sebagai pasukan perdamaian pada tahun 1957 di Benua Afrika yang sedang terjadi konflik dan perang saudara. Karena diberikan pada Prajurit yang bertempur di Congo, maka akhirnya Vespa tersebut hingga kini dikenal dengan nama Vespa Congo. Uniknya adalah Vespa Congo bukanlah produk yang dibuat Italia, melainkan basic nya merupakan Vespa GS & 125 buatan Jerman.

Seiring perjalanan waktu dan berkembangnya industri otomotif di dunia, persaingan pun semakin sengit. Banyak negara-negara produsen kendaraan bermotor yang bersaing untuk menang dalam pemasaran kendaraannya. Di Indonesia juga sangat terasa pergeseran era dimana motor-motor “plastik” alias motor Jepang seperti Honda, Suzuki dan Yamaha mulai merajai industri otomotif singga saat ini.  Tapi semua itu tidak berpengaruh bagi para pecinta vespa atau sering disebut di Indonesia dengan  nama “Vespa mania”. Tidak mau kalah dengan para pesaingnya, Model Vespa tidak banyak berubah sejak pertama kali dibuat hingga kini tidak ada yang mampu membuat tiruan dari prototype asli vespa pun berevolusi menjadi semakin modern. Terbukti dengan lahirnya produk-pruduk vespa saat ini yang semakin canggih dan tidak kalah dengan motor plastik lainnya.