dispora florida dan tamu undanganKabariNews – Semarak Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus masih tetap terasa kemeriahannya di Amerika Serikat. Merah Putih menghiasi hampir seluruh ruang acara malam Indonesia yang diadakan di Gedung Bartow Civic Center, Florida pada Sabtu, 27 Agustus 2016. Mengusung tema Indonesia Unity in Diversity’ atau ‘Bhinneka Tunggal Ika’, acara ini yang diprakarsai oleh group HORAS Florida didukung oleh para diaspora Indonesia yang bermukim di Florida.

Dengan penuh rasa bangga dan hikmat lagu Indonesia Raya disertai oleh lagu kemerdekaan Amerika Serikat ‘Star Spangled Banner’ dikumandangkan oleh para hadirin yang terdiri dari Konjen RI, Henk Edward Saroinsong, Walikota Lakeland, dan para diaspora Indonesia untuk mengawali pembukaan  acara tersebut.

Penyelenggara acara 17 Agustus kali ini adalah group HORAS Florida yang anggota-anggotanya bukan hanya dari masyarakat Indonesia (asal Sumatera Utara) yang tinggal di Florida, tapi mereka yang ingin bergabung bersama HORAS dan merasakan hangatnya persaudaraan yang diciptakan oleh ibu Ketua, Merry Sirait dan pengurus lainnya.

Acara yang dihadiri sekitar 500 orang dari seluruh penjuru Florida ini dimeriahkan dengan berbagai hiburan, diantaranya tari-tarian tradisional, seperti: Tari Cendrawasih, Tari Piring Sumatera Barat, Tari Manuk Dadali, Tari Belian Sentiu dan Tari Selendang. Ada juga Pagelaran Angklung oleh Tim VIDA Florida yang membawakan lagu-lagu daerah, seperti: Gundul-Gundul Pacul, Ayo Mama, Ampar-Ampar Pisang, dan Tanah Airku Tidak Kulupakan. Acara semakin hangat dengan lantunan kulintang dan fashion show kebaya Indonesia.

Kemeriahan acara tidak berhenti sampai disitu saja, seluruh pengunjung dilibatkan dalam kehangatan budaya kekerabatan Batak dengan menari Tortor bersama.  Jamuan hidangan Nasi Tumpeng, Rendang dan Balado Teri Kacang tidak ketinggalan untuk melengkapi acara tersebut.

Atas upaya penyebaran budaya Indonesia di negara bagian Florida, di sela-sela acara tersebut, Konsulat Jenderal Republik Indonesia menyerahkan sertifikat penghargaan kepada empat organisasi Indonesia, antara lain: VIDA Florida, Horas Florida, Iawa Florida dan Mapalus Kawanua Florida.

Kecintaan akan Tanah Air Indonesia tidak pernah lepas dari hati setiap individu diaspora Indonesia dan selalu dengan bangga berupaya memperkenalkan dan menyebarluaskan budaya Indonesia dimanapun mereka berada. (laporan : Enny T L Ellison diaspora Florida/ foto : Win Collins)