KabariNews – Sudah pernah makan singkong? Tumbuhan ini mengandung karbohidrat dan bisa diolah menjadi panganan, seperti getuk, keripik, bolu, tape dan jajanan lainnya. Sebagian orang memanfaatkan singkong sebagai pengganti nasi atau roti karena bisa mengenyangkan.

Di Indonesia, tidak sulit mendapatkan singkong. Selain murah, singkong banyak ditanam masyarakat Indonesia khususnya yang masih tinggal di pedesaan.

Tak banyak yang tahu, ubi kayu ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Khasiat singkong hampir mirip seperti bengkuang yang dipercaya bisa mencerahkan kulit, menghaluskan wajah, juga efektif menghilangkan jerawat serta flek hitam. Berminat mencoba?

Berikut langkah-langkahnya:

Siapkan 1 buah singkong, kupas kulitnya dengan cara disayat memanjang (vertikal), buang kulitnya. Untuk menghilangkan sisa tanah yang menempel, cuci sampai bersih.

MENCERAHKAN KULIT WAJAH

  • Parut singkong yang sudah dibersihkan (ukuran satu jengkal tangan). Beri sedikit air agar bisa diaplikasikan ke wajah
  • Sebelumnya bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori.
  • Gunakan parutan singkong sebagai masker. Ratakan ke seluruh wajah, dan diamkan sampai mengering.
  • Bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.
  • Keringkan wajah dengan handuk lembut. Lakukan perawatan ini 3 kali seminggu secara rutin.

MENGHILANGKAN JERAWAT

  • Kupas dan parut singkong. Dan gunakan sarinya dengan cara diperas.
  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih. Kemudian oleskan sari singkong sebagai masker. Ratakan ke seluruh wajah.
  • Biarkan masker mengering sampai beberapa menit, baru kemudian bilas.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari sampai jerawat menghilang. Karena selain menghilangkan jerawat, sari pati singkong juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas atau flek hitam pada wajah.

Perawatan singkong juga bisa dipadukan dengan madu atau minyak zaitun. Tambahan madu atau minyak zaitun bisa bermanfaat untuk melembabkan kulit. Atau bisa juga menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon.

TAHUKAH ANDA SINGKONG JUGA BERMANFAAT BAGI KESEHATAN?

Singkong bisa digunakan untuk mencegah beberapa penyakit, seperti darah tinggi, reumatik, sakit kepala, dan diare. Sederhana saja, untuk mengatasi reumatik dan sakit kepala misalnya, singkong hanya cukup ditumbuk lalu ditempelkan ditempat yang sakit. Untuk masalah diare, coba manfaatkan air rebusan daun singkong. Selamat mencoba. (1001)