kulit jerukBagi sebagian orang kulit jeruk sudah menjadi ‘sampah’ dan dibuang setelah isi buahnya habis. Tapi sebagian orang yang suka dengan aroma kulit jeruk justru memanfaatkannya untuk dibuat campuran makanan seperti kue, asinan, rujak dan sambal.

Bicara soal kulit jeruk, rasanya memang tidak seenak daging buahnya. Kulit jeruk cenderung terasa pahit dan getir, tapi aromanya jauh lebih segar dari buahnya. Meski sebagian banyak orang tidak menganggap kulit jeruk bermanfaat, tapi ternyata ‘sampah’ yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Tidak percaya? Mari buktikan.

Bagi Anda yang berminat mencobanya, bisa mengaplikasikan kulit jeruk dengan beberapa bahan untuk perawatan kecantikan. Berikut cara dan penggunaannya :

Kulit jeruk + yogurt

Campuran kulit jeruk dan yogurt bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati, juga untuk mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat bersih dan bersinar. Caranya bersihkan bagian putih kulit jeruk, lalu cincang halus. Campurkan dengan satu sendok makan yogurt, aduk rata sampai menjadi pasta. Sebelum dioleskan ke wajah, basuh terlebih dulu wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Baru kemudian gunakan masker kulit jeruk ke seluruh bagian wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

Kulit jeruk + lemon + madu + sari jeruk nipis

Ingin membuat wajah lebih kesat dan halus, gunakan masker perawatan kulit jeruk ini. Caranya bersihkan kulit jeruk, lalu campurkan dengan 1 buah lemon dengan cara diblender hingga halus (sebelumnya buang biji lemon). Tambahkan 1 sendok makan madu dan satu sendok makan air jeruk nipis, aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 25 menit baru bilas dengan air dingin.

Kulit jeruk + kunyit + madu

Perawatan dengan campuran kunyit dan kulit jeruk dapat menjadikan wajah bebas noda dan segar. Caranya mudah, siapkan kulit jeruk dan 1 ruas kunyit, parut kedua bahan itu sampai menjadi sebuah pasta. Tambahkan sedikit madu agar mudah larut dan mengental.  Sebelum diaplikasikan, cuci wajah dengan air hangat baru oleskan wajah dengan masker tersebut. Diamkan selama 30 menit baru kemudian dibilas.

Kulit Jeruk + air mawar + bubuk cendana

Gunakan kulit jeruk yang sudah kering (haluskan), campur dengan air mawar dan bubuk cendana secukupnya. Oleskan ke seluruh bagian wajah termasuk leher, biarkan selama 30 menit baru kemudian bilas dengan air dingin. Perawatan ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit, wajah nampak bercahaya dan menghilangkan noda jerawat.

Daripada dibuang, ayo manfaatkan kulit jeruk sebagai scrub alami untuk mencerahkan kulit.

  • Kupas kulit jeruk perlahan untuk mendapatkan kulit jeruk yang lebar. Nah, buah jeruk bisa Anda makan sebagai nutrisi dari dalam.
  • Saat mandi, usapkan bagian dalam kulit jeruk ke seluruh tubuh.
  • Bilas dengan air dingin.

Gunakan scrub jeruk alami ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?56872

Untuk melihat artikel Mode & Gaya lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :