image(4)KabariNews – Jika merencanakan berlibur di Indonesia, mengapa tidak memilih tempat-tempat indah yang belum menjadi obyek wisatawan nomor satu seperti Bali dan Lombok. Karimun Jawa dapat menjadi pilihan. Ke Karimun Jawa, obyek wisata yang terkenal dengan keindahan pantai dan terumbu karangnya, maka ada dua jalur yang biasa ditempuh. Satu jalur langsung dengan kapal cepat dari pelabuhan Semarang atau jalur kedua adalah menuju Jepara terlebih dahulu kemudian menyambung dengan kapal cepat atau Ferry dari dermaga di pantai Kartini.

Saat ini jalur yang ramai digunakan adalah jalur yang kedua. Dari sana menuju ke Karimun Jawa lebih dekat dengan jarak tempuh dua jam menaiki kapal cepat. Selain lebih cepat juga kita dapat sejenak menikmati pemandangan dan keramaian di pantai yang menjadi salah satu obyek wisata di Jepara. Pantai yang terletak sekitar 20 menit dari tengah kota Jepara ini cukup diminati pengunjung saat musim libur tiba serta menjadi tempat persinggahan yang cukup nyaman jika hendak ke Karimun Jawa.

Terdapat banyak penginapan kecil yang terjangkau dan bersih bagi yang ingin bermalam. Mereka juga menyediakan tempat bilas bagi wisatawan yang ingin membersihkan badan setelah bermain pasir dan berenang di pantai. Selain itu banyak juga tempat makan serta toko-toko pusat oleh-oleh dari makanan sampai barang buatan tangan dari bahan kerang serta kayu. Tersedia pula penyewaan sepeda, motor mini dan scooter untuk anak-anak serta kita dapat menaiki bis berbentuk kereta yang berjalan mengitari pantai dan Kura-Kura Ocean Park. Memasuki area pantai cukup membayar Rp. 2000/anak dan Rp. 3000/dewasa kecuali akhir pekan atau hari libur menjadi Rp. 3000/anak dan Rp. 5000/dewasa.

image(3)Tidak lengkap rasanya kalau mengunjungi pantai Kartini tapi tidak memasuki Kura-Kura Ocean Park. Gedung ini sangat menarik karena bangunannya berbentuk kura-kura raksasa yang terlihat jelas dari kejauhan bahkan menjadi pemandangan tersendiri saat kapal mulai berlayar menuju Karimun Jawa. Indah dan megah. Tiket masuk saat hari libur Rp. 12.500/anak dan Rp. 17.500/dewasa. Satu lantai dengan penjualan tiket terdapat beragam patung kura-kura yang terbuat dari kayu serta maket bangunannya.

Saat masuk ke dalam melewati pintu putar, kita akan melihat jejeran aquarium dengan beragam ikan didalamnya seperti ikan hiu, clown fish, angel fish, dan jenis lainnya. Kemudian ada pintu Misteri Bawah Laut yang berbentuk terowongan dengan aquarium di kiri dan kanan. Di aquarium di dalam terowongan inilah kita dapat melihat ikan hiu berenang-renang menjadi menjadi pusat perhatian. Terdapat pula beragam flora bawah laut di dalam aquarium. Di sini terbagi flora dan fauna air tawar dan air asin.

Keluar dari terowongan, terlihat tangga menuju lantai dua. Di lantai dua inilah disediakan tempat bermain anak-anak serta bioskop 3D yang khusus menyajikan film-film kehidupan bawah laut. Harga tiket masuknya Rp. 5000. Dari lantai dua ini kita dapat melihat pemandangan aquarium lantai satu dari atas. Saat menuruni tangga keluar dari lantai dua, di sebelah kiri terdapat aquarium besar tersendiri dengan tembok pembatas berhiaskan lukisan ikan dan kura-kura. Nah disinilah kita dapat melihat satu kura-kura besar didalamnya. Memang meski namanya Kura-Kura Ocean park tapi ragam ikan lebih banyak dari kura-kura. (1004)