Kabarinews –  Umat Hindu Indonesia di Los Angeles merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan hari ini, Sabtu (20/2). Acara perayaan ini diselenggarakan oleh komunitas Hindu Indonesia di Los Angeles, Krama Bali, bekerja sama dengan KJRI Los Angeles.

Menurut Konsul Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, Umar Hadi, pihaknya menyambut gembira dilaksanakannya perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan di KJRI Los Angeles. Dalam sambutannya, Umar menyampaikan himbauan agar seluruh masyarakat Indonesia, termasuk umat Hindu, terus berupaya untuk menata kehidupan dengan harmonis dan damai. Masyarakat Indonesia yang berada di perantauan, harus selalu ingat untuk mengutamakan persatuan, memupuk solidaritas sosial, dan menciptakan perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pesan toleransi dan perdamaian ini disampaikan pula oleh Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke California beberapa hari lalu,” cetus Umar.

Rangkaian perayaan diawali dengan ritual sembahyang yang berlangsung secara khidmat. Ruang pertemuan lantai tiga gedung KJRI Los Angeles tampak berhiaskan dekorasi layaknya di Bali, sehingga cukup mengobati rasa rindu akan perayaan Galungan-Kuningan di kampung halaman. Hiasan penjor, payung Bali, dan pura, sesajen khas Bali, serta seperangkat alat musik gamelan tertata rapi di atas panggung. Sebuah altar kecil terletak di tengah-tengah panggung, lengkap dengan sesajenan untuk memanjatkan doa, puja, dan puji syukur kepada Sang Hyang Widhi. Semerbak wangi dupa yang memenuhi ruangan semakin menambah suasana sakral dan khusyuk.

Purna proses sembahyang, acara dilanjutkan dengan pentas kesenian yang menampilkan kelompok gamelan Sekeha Gong Bhuwana Kumala dan kelompok tari Burat Wangi dan Pandan Arum. Kelompok kesenian ini terdiri dari para pecinta dan pemerhati kebudayaan Indonesia, khususnya Bali, yang sebagian anggotanya terdiri dari masyarakat asing setempat. Mereka rutin melakukan latihan kesenian setiap akhir pekan di KJRI Los Angeles. Kelompok Krama Bali sendiri beranggotakan 125 orang masyarakat Bali yang tinggal di kawasan Los Angeles dan sekitarnya. Kelompok-kelompok tersebut aktif dalam kegiatan-kegiatan kebudayaan dan bahkan sering tampil dalam berbagai acara, turut membantu mempromosikan kebudayaan Indonesia, khususnya Bali, kepada masyarakat asing setempat.

Segmen acara perayaan ini dihadiri pula oleh para pemuka agama dan tokoh masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya. Aneka hidangan dan santapan khas Indonesia semakin melengkapi kemeriahan perayaan Galungan-Kuningan yang dihadiri oleh sekitar 150 orang tersebut. (1014)