Perancang busana Indonesia Handy Hartono pertama kalinya gelar fashion show di Houston, Amerika Serikat pada tanggal 21 Juli 2018. Turut hadir pada acara itu, Bapak Okih Hermawan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerawang. Selain mempromosikan Indonesia, khususnya kain Batik sebagai salah satu Indonesian intangible cultural heritage yang diakui UNESCO, Handy menampilkan koleksi Batik Karawang. Sekitar 500 pengunjung Galleria Mall, pusat perbelanjaan termewah dan terbesar di Texas memadati acara fashion show dan menikmati penampilan kesenian Indonesia.

Batik Karawang by Handy Hartono

Konjen RI Houston, Dr. Nana Yuliana menyatakan bahwa dunia fashion telah berkontribusi pada perekenomian Indonesia melalui industri kreatif. Selain itu, industri pariwisata dan kuliner juga turut berperan dalam pembangunan industri kreatif Indonesia. Konjen RI mengajak hadirin untuk berkunjung dan berinvestasi ke Indonesia, khususnya destinasi wisata 10 New Bali seperti  Borobudur, Pulau Komodo, dan Taman Nasional Wakatobi yang juga mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai World Cultural Heritage dan World Natural Heritage, Biosphere Reserves and Geoparks. Konjen RI juga mengajak warga AS untuk merasakan kuliner Indonesia di beberapa restoran Indonesia dan coffee shop milik diaspora Indonesia di Houston dan sekitarnya.

Lady Quaint by Kartika Widjanta, jewelery designer

Dengan membawa tema Jawa Barat, pengunjung disambut dengan penampilan Tari Jaipong dan Tari Merak serta terkesan dengan peragaan busana anak-anak. Diaspora Indonesia pun turut memeriahkan acara, salah satunya jewelry designer Kartika Widjanta dengan koleksi bernama Lady Quaint yang mewah dan elegan. Lady Quaint dapat ditemukan di butik bernama Galeries Lafayette di Jakarta, Indonesia dan di Chicago, AS. Tak dapat dipungkiri bahwa diaspora Indonesia berperan aktif dalam mempromosi Indonesia di luar negeri.

Kids Fashion Show

Fashion show ini dipadati banyak pengunjung, termasuk tamu khusus dari kalangan diplomatik,

Merak Dance

pengusaha, akademisi dan media serta masyarakat Indonesia. Di akhir acara, Handy Hartono dan Kartika Widjanta menggelar pop-up shop yang sangat diminati pengunjung. Handy Hartono yang juga terkenal dengan koleksi tenun Toraja, telah mengikuti peragaan busana internasional antara lain di Wina, Bangkok, Darwin, Sidney, Moscow dan minggu depan Handy menuju Ottawa untuk menampilkan koleksi Batik Kerawang.

Acara ini merupakan bagian dari upaya diplomasi publik dengan memperkenalkan batik fashion. Hal ini selain mempromosikan Indonesia kepada masyarakat AS juga meningkatkan people connectivity antara Indonesia dengan AS. KJRI Houston akan terus berupaya mempromosikan Indonesia dengan bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait termasuk pemerintah daerah.

Sumber: KJRI Houston