KabariNews – Pada 7 Desember 2014 dilaksanakan Perayaan Natal tahun 2014 bertajuk Berjumpa dengan Allah dalam Keluarga” di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington  DC.  Acara ini dihadiri oleh lebih dari 500 orang yang terdiri dari berbagai  unsur masyarakat dan diaspora Indonesia yang tinggal di Washington DC dan sekitarnya termasuk para pemuka agama dan tokoh masyarakat. Acara tersebut juga dihadiri oleh  Dubes RI dengan didampingi oleh Deputy Chief of Mission.

Acara perayaan secara resmi dimulai setelah Dubes RI Budi Bowoleksono menyampaikan sambutannya. Para hadirin dihibur dengan berbagai kesenian tradisional Indonesia yang merupakan kontribusi berbagai Kelompok Budaya Indonesia di Washington dan sekitarnya.

 

 

Seperti dikutip dari siaran pers KBRI Washington  DC, Selasa, (9/12), Dubes RI menyampaikan bahwa perayaan Natal tahun ini mengingatkan kita semua akan arti penting keluarga bagi penebar cinta kasih dan kedamaian. Keluarga merupakan pilar penting bagi pembentukan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menjadi penebar kasih dan damai bagi masyarakat disekitarnya. ”Bagi kita semua masyarakat Indonesia di luar negeri, saya ingin perluas makna keluarga kepada keluarga besar bangsa Indonesia di Amerika Serikat. Sebagaimana pesan agama lainnya, nilai-nilai beragama kita harus senantiasa menjadi rahmat dan kasih sayang kepada seluruh umat manusia. Blessing to all humankind” tutur Dubes.

Dubes RI menekankan bahwa nilai agama harus dapat menjadi tali kasih bukan sebaliknya menjadi benih kebencian antar kita. Nilai agama harus menjadi perekat persaudaraan bukan menjadi pemisah antara kita dan agama harus menjadi faktor pemersatu bukan sebaliknya menjadi faktor pemecah belah. Hal ini sejalan dengan nilai pluralisme dan toleransi yang dimiliki sejak lama oleh bangsa Indonesia dan akan senantiasa menjadi karakter bangsa Indonesia.

 

 

Malam sebelumnya, pada 6 Desember 2014, Dubes RI juga telah menghadiri perayaan hari Natal tahun 2014 yang diadakan oleh masyarakat Indonesia yang beragama nasrani di New York dan sekitarnya. Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan bahwa perayaan seperti ini yang dirayakan setiap tahunnya oleh umat kristiani di seluruh dunia tidak terkecuali oleh umat Kristiani Indonesia di Amerika Serikat ini tidaklah sebatas hanya perayaan seremonial dan rutinitas semata. Namun memiliki makna dan nilai yang jauh lebih mulia dan tinggi.

“Perayaan natal ini merupakan kesempatan spiritual yang dapat memberikan dan memperkuat kembali arti dan nilai kedamaian, inspirasi dan energi positif bagi orang-orang yang kita kasihi di sekitar kita. Bagi keluarga terdekat kita. Masyarakat di sekitar kita. Dan yang lebih jauh lagi adalah bangsa dan Negara yang kita cintai, Indonesia.”pungkas Dubes.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?73373

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

intero