Untuk yang ke-90 kalinya, Academy of Motion Picture and Art Sciences (AMPAS) menyelenggarakan malam penganugerahan Piala Oscar yang merupakan penghargaan tertinggi di dunia perfilman Hollywood.  Berikut beberapa poin bersejarah dari perhelatan tersebut:

  1. AMPAS kembali memberi kepercayaan kepada Jimmy Kimmel untuk membawakan acara Piala Oscar. Dengan demikian, ia merupakan orang pertama yang menjadi tuan rumah Academy Awards secara berturut-turut selain Billy Crystal.

    dok. ABC

  2. Film The Shape Of Water karya Guillermo del Toro berhasil menyabet 13 nominasi, yang terbanyak dalam perhelatan Academy Awards kali ini. Film tersebut juga berhasil membawa pulang 4 Piala Oscar, termasuk penghargaan Sutradara Terbaik dan Film Terbaik untuk Guillermo.

    dok. Fox Searchlight

  3. Sebanyak 92 film berbahasa asing memenuhi syarat dan diterima oleh panitia seleksi AMPAS tahun ini. Angka tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 7 negara yang berpartisipasi dibandingkan tahun lalu. Haiti, Honduras, Republik Demokratik Rakyat Laos, Mozambik, Senegal dan Suriah merupakan sederet negara pendatang baru dalam kategori ini. Film asal Chili yang berjudul A Fantastic Woman berhasil keluar sebagai pemenang.

    dok. Sony Picture Classics

  4. Dengan 51 nominasi Piala Oscar, John Williams kini memegang rekor nominasi Oscar terbanyak di antara mereka yang masih aktif berkecimpung di dunia perfilman. Sang komposer legendaris merupakan orang kedua dengan nominasi terbanyak dalam sejarah Academy Awards setelah Walt Disney (59). Selama berkarir di Hollywood, John telah lima kali memenangkan anugerah Piala Oscar untuk musik gubahannya dalam film Fiddler On The Roof (1971), Jaws (1975), Star Wars (1977), T. The Extra-Terrestrial (1982), dan Schindler’s List (1993).

    dok. Getty Images

  5. Tahun ini, Meryl Streep dinominasikan sebagai Aktris Terbaik untuk perannya sebagai Katharine Graham di film The Post. Ini merupakan nominasi ke-21 yang diterimanya dalam kategori akting. Dengan demikian, ia kembali memimpin sebagai aktor/aktris dengan nominasi Piala Oscar terbanyak.

    dok. 20th Century Fox

  6. Agnès Varda secara resmi menjadi nominator tertua dalam sejarah Oscar. Pada usia 89 tahun, sutradara asal Perancis tersebut mendapatkan nominasi Film Dokumenter Terbaik untuk film karyanya yang berjudul Faces Places.

    dok. Getty Images

  7. Setelah memenangkan penghargaan Skenario Adaptasi Terbaik malam itu, penulis skenario film Call Me by Your Name, James Ivory yang berusia 89 tahun menjadi pemenang Piala Oscar yang tertua.

    dok. Getty Images

  8. Christopher Plummer yang kini berusia 88 tahun menjadi sosok tertua yang pernah mendapatkan nominasi Piala Oscar dalam kategori akting. Tahun ini, ia mendapat nominasi Oscar dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik untuk penampilannya di film All The Money In the World.

    dok. Sony Pictures

  9. Pada usia 22 tahun, Timothee Chalamet merupakan aktor termuda yang dinominasikan sebagai aktor terbaik sejak Mickey Rooney pada tahun 1940. Aktor asal New York ini mendapatkan nominasi untuk aktingnya sebagai Elio Perlman dalam film Call Me By Your Name. Peran tersebut merupakan peran utama pertamanya dalam sebuah film layar lebar.

    dok. Getty Images

  10. Nominasi Jordan Peele, penulis sekaligus sutradara film Get Out, merupakan salah satu unsur yang historis dalam sejarah Academy Awards. Ini menandakan pertama kalinya seorang keturunan kulit hitam mendapatkan 3 nominasi sekaligus (trifecta): Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Skenario Orisinal Terbaik. Jordan berhasil memboyong Oscar tahun ini untuk kategori Skenario Orisinal Terbaik.

    dok. Getty Images

  11. Mary J. Blige menjadi orang pertama yang mendapatkan nominasi dalam kategori akting dan lagu orisinal terbaik pada tahun yang sama. Nominasi tersebut merupakan wujud pengakuan Hollywood atas kemampuan aktingnya sebagai Florence Jackson dalam film Mudbound dan lagu Mighty River yang ia ciptakan untuk film yang sama.

    dok. Getty Images

  12. Yance Ford merupakan sutradara transgender pertama yang masuk dalam nominasi Academy Awards. Film karyanya yang berjudul Strong Island bersaing ketat dalam kategori Film Dokumenter Terbaik.

    dok. Daily Wire

  13. Lewat karyanya dalam film Mudbound, Rachel Morrison berhasil mendapatkan nominasi Piala Oscar yang menjadikannya wanita pertama yang mendapatkan nominasi dalam kategori Sinematografi Terbaik. Hal ini selaras dengan Academy Awards yang mengusung pemberdayaan dan emansipasi wanita sebagai tema besar.

    Dok. Indiewire

  14. Karya tulis Dee Rees yang tertuang dalam film Mudbound menghantarkannya menjadi wanita keturunan kulit hitam pertama yang pernah mendapatkan nominasi Skenario Adaptasi Terbaik dalam sejarah Piala Oscar.

    dok. Netflix

  15. Kobe Bryant mencetak sejarah baru sebagai atlet profesional pertama yang pernah memenangkan kejuaraan olahraga (dalam hal ini NBA Championship) sekaligus Piala Oscar. Anugerah Academy Awards tersebut diterima oleh Kobe dalam kapasitasnya sebagai produser Film Animasi Pendek Terbaik yang berjudul Dear Basketball.

    dok. Getty Images

  16. Logan merupakan film superhero pertama yang mendapat nominasi Academy Awards untuk kategori Skenario Adaptasi Terbaik.

    dok. 20th Century Fox

  17. Greta Gerwig merupakan wanita ke-5 yang pernah dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik dalam sejarah Piala Oscar.

    dok. Getty Images

  18. Rita Moreno menghadiri Piala Oscar 2018 dengan kembali mengenakan gaun yang ia kenakan 56 tahun silam di ajang Piala Oscar 1962. Pada tahun itu, ia memenangkan penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Penghargaan tersebut diberikan atas perannya di film West Wide Story. Aktris kelahiran Puerto Rico ini juga merupakan satu dari 12 orang dalam sejarah Hollywood yang telah memenangkan Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony Awards.

    dok. Getty Images

  19. Anda tentu masih ingat akan kekacauan di penghujung Oscar tahun lalu. Warren Beatty dan Faye Dunaway yang didapuk untuk mengumumkan predikat Film Terbaik memicu keributan karena salah membacakan pemenangnya. Meski demikian, pihak AMPAS kembali mendaulat keduanya untuk kembali membacakan pemenang Film Terbaik pada ajang Piala Oscar tahun ini. Dalam sejarah Academy Awards, Warren dan Faye merupakan presenter pertama yang selama 2 tahun berturut-turut mengumumkan pemenang Piala Oscar untuk kategori yang sama.

    dok. A24

  20. Seorang pria ditangkap karena dicurigai mencuri Piala Oscar milik Frances McDormand di acara Governor’s Ball. Kepolisian Los Angeles (LAPD) telah mengkonfirmasi Terry Bryant sebagai pelaku pencurian tersebut. Frances adalah pemenang dalam kategori Aktris Terbaikdalam Oscar 2018. Perannya sebagai ibu yang memperjuangkan keadilan bagi anaknya dalam film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri mengantarkannya pada kemenangan tersebut. Sebelumnya, ia sudah pernah mendapatkan Piala Oscar atas perannya dalam film Fargo.

    Dok. Getty Images