ampas teh

Sudah bukan rahasia umum lagi jika air teh dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun ada beberapa keuntungan lain yang belum diketahui banyak orang, salah satunya manfaat dari sisa ampas teh. Untuk itu Jangan buang dulu sisa seduhan teh atau ampas teh, karena Anda bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan.

Ampas teh dalam bentuk daun, bubuk atau sisa kantong teh celup bisa dimanfaatkan untuk membersihkan perabotan rumah tangga, perawatan kecantikan, memasak sampai menetralkan aroma tak sedap. Penasaran? Berikut beberapa trik memanfaatkan ampas teh untuk berbagai keperluan :

Membersihkan perabot rumah tangga

Ampas teh bisa digunakan untuk membersihkan cermin, mengkilapkan lantai kayu dan furnitur, menghilangkan noda di toilet. Cara mempergunakannya cukup mudah, dan tentunya hemat biaya.

– Membersihkan karpet

Gunakan teh hijau untuk membantu mengangkat kotoran yang menempel pada karpet. Caranya taburkan bubuk teh hijau kering pada karpet, biarkan beberapa menit. Kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner hingga bersih. Aroma ampas teh akan menempel pada karpet sehingga bau apek/ tak sedap bisa dinetralisir dengan aroma teh hijau.

– Membersihkan cermin

Gosokkan sisa kantung teh celup yang masih lembab ( bekas diseduh) pada cermin atau kaca jendela. Setelah merata biarkan beberapa saat, baru bersihkan dengan lap bersih. Cermin dan kaca jendela rumah Anda akan terlihat lebih bersih dan debu-debunya terangkat.

– Membersihkan noda toilet

Cara membersihkannya mudah, hanya cukup meletakkan sisa teh di bagian noda toilet, diamkan beberapa saat, lalu gosok perlahan, siram sampai noda hilang.

Pewangi alami

– Pengharum ruangan

Umumnya semua teh beraroma wangi, nah dari aroma itulah sebenarnya Anda bisa memanfaatkannya untuk pewangi alami. Anda bisa menggunakan ampas teh yang dicampur dengan lavender, lalu digantungkan dekat kipas angin atau AC. Aroma segar teh dapat membuat suasana rumah, kamar, dan mobil menjadi lebih nyaman.

– Penyerap bau lemari es

Biasanya ibu rumah tangga menggunakan baking soda sebagai bahan alami untuk menyerap aroma tak sedap pada kulkas. Tapi kali ini Anda bisa menggantikannya dengan ampas teh. Sangat mudah penggunaannya, hanya dengan meletakkan sisa teh (kantong teh celup lembab) di dalam kulkas dan menggantinya setiap 3 hari sekali agar kebersihan tetap terjaga.

Perawatan kecantikan

– Kondisioner alami rambut

Sisa seduhan teh, bisa digunakan untuk keramas. Caranya, rendam kembali teh yang sudah terpakai dengan air hangat, diamkan sampai dingin. Gunakan air rendaman itu untuk membilas rambut yang telah dicuci. Diamkan beberapa saat sampai lembab, baru kemudian bilas sekali lagi. Gunakan perawatan alami ini secara teratur untuk mendapatkan rambut kuat dan tidak rontok dan bercabang.

– Menyejukan mata lelah

Gunakan teh celup yang sudah dipakai. Tempelkan pada kelopak mata, dan rasakan sensasi dinginnya. Lelah pada mata akan berkurang dan membuat mata menjadi lebih segar. Cara ini juga bisa menghilangkan kantung mata akibat sering tidur larut malam.

– Menyembuhkan luka bakar

Untuk mengobati kulit terbakar, gunakan teh celup yang basah. Tempelkan pada bagian kulit yang terbakar. Jika lukanya cukup besar, untuk pertolongan pertama Anda bisa berendam dalam air teh. Cara ini dapat membantu luka tidak melepuh dan meredakan rasa panas.

Keperluan Memasak

-Menghilangkan bau amis pada ikan

Usai membersihkan ikan pastinya tangan akan bau amis. Untuk menghilangkannya bilas tangan dengan air teh, dengan begitu bau amis akan segera hilang.

– Mengempukkan daging

Rendam daging dengan air seduhan teh. Pastikan daging terendam semua, diamkan beberapa saat. Cara ini dapat mengempukkan daging lebih cepat.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58912

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Tip Top