Starbucks baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-16 di Indonesia. Pada tanggal 17 Mei 2002, kedai kopi global tersebut resmi membuka gerai pertama di Indonesia, yakni di Plaza Indonesia. Hingga kini, Starbucks Indonesia telah memiliki lebih dari 300 gerai yang tersebar di 23 kota di penjuru Nusantara. Tahun ini, pihak manajemen menargetkan ekspansi sehingga bisa mencapai 380 gerai di seluruh Indonesia.

Untuk merayakan hari jadinya tersebut, Starbucks Indonesia bekerjasama dengan IKAT Indonesia untuk meluncurkan sederet merchandise eksklusif. Koleksi yang dirilis dalam jumlah terbatas itu mencakup botol minum, tas, cup sleeve, pouch, dan boneka beruang yang diberi nama Starbucks Bearista. Adapun harga untuk merchandise tersebut dibandrol di kisaran Rp75.000 sampai dengan Rp305.000.

Koleksi yang mengangkat tema United with Indonesia (Bersatu dengan Indonesia) tersebut menampilkan motif tenun ikat. Motif kain lokal ini tidak sembarang dipilih. Sebagai salah satu kekayaan budaya tekstil Nusantara, ikat memiliki arti harfiah ‘menyatukan’ yang selaras dengan misi kedai kopi asal Amerika Serikat tersebut yang senantiasa berusaha untuk mengedepankan nilai budaya lokal dan persatuan. Desainer IKAT Indonesia, Didiet Maulana, mengungkapkan bahwa motif ikat yang ia tampilkan kali ini merupakan motif Tenun Cepuk asal Bali. Sementara itu, menurut keterangan yang dilansir oleh pihak Starbucks Indonesia, warna yang ditampilkan juga mengandung filosofi khusus. Warna hijau mewakili unsur alam sekaligus warna utama Starbucks. Warna coklat merepresentasikan biji kopi. Adapun warna coklat muda, kuning, dan biru berturut-turut mewakili warna tanah, garis khatulistiwa, dan laut yang mendominasi kepulauan Nusantara.

“Kami sangat menghargai budaya lokal di manapun kami berada. Kolaborasi dengan IKAT Indonesia merupakan suatu bentuk dukungan kami dalam mempromosikan kebudayaan lokal. Merchandise kali ini begitu unik karena mengedepankan motif ikat dengan sentuhan modern. Kami berharap dapat menginspirasi masyarakat luas khususnya generasi muda untuk lebih dekat dengan Starbucks serta bangga dengan kearifan lokal,” ujar Direktur Utama Starbucks Indonesia, Anthony Cottan. (Foto: dok. IKAT Indonesia)