KabariNews – Selain dikenal dengan udaranya yang sejuk dan kawasan peristirahatannya, Kota Batu belakangan juga dikenal sebagai tujuan wisata yang menawarkan berbagai objek wisata dengan wahana pendidikan.

Jatim Park I

Jawa Timur (Jatim) Park I terletak di 20 km sebelah barat Kota Malang. Taman bermain dan hiburan yang memadukan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta kekayaan budaya Nusantara ini memiliki sekitar 36 wahana. Beberapa wahana tersebut di antaranya kolam pemandian raksasa berlatar belakang patung Ken Arok dan Ken Dedes, spinning coaster, drop zone, berbagai miniatur candi, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2013, Jatim Park I dinobatkan sebagai objek wisata buatan berskala besar tingkat nasional terbaik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari E. Pangestu.

Jatim Park II

Meski memiliki kemiripan nama, Jatim Park II menyajikan hiburan yang sedikit berbeda dengan Jatim Park I. Selain berekreasi, pengunjung Jatim Park II diajak untuk lebih mengenal alam, satwa, dan habitatnya melalui wahana Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Pohon Inn Hotel. Di samping bertatap muka dengan fauna khas Asia dan Afrika di Batu Secret Zoo, Anda juga dapat melihat beragam fosil purba dan satwa yang diawetkan di Museum Satwa.

Museum Angkut

Museum Angkut telah menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Kota Batu. Museum transportasi terbesar di Asia Tenggara ini memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan, baik tradisional maupun modern. Tempat wisata edukasi ini dibagi menjadi beberapa zona dengan berbagai corak, seperti Asia, Eropa, dan Amerika.

Museum Tubuh

Museum Tubuh terletak di satu area dengan Jawa Timur Park I. Museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di Asia ini secara resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP pada bulan Desember tahun lalu. Dengan bentuk bangunan yang menyerupai tubuh figur pewayangan Bagong, museum ini merupakan tempat wisata edukasi mengenai anatomi dan fungsi organ tubuh manusia melalui berbagai fasilitas multimedia. Pengunjung museum juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis dengan tenaga medis yang profesional. Adapun pemeriksaan kesehatan tersebut mencakup mata, kadar lemak tubuh, osteoporosis, kolesterol, asam urat, dan gula darah.

Petik Apel

Wisata Anda ke Kota Batu belumlah lengkap tanpa berbelanja buah apel. Di samping potensi wisatanya, kota ini juga menduduki peringkat pertama sebagai pemasok Apel terbesar di Tanah Air. Bagi penggemar buah segar, Anda dapat mengunjungi Kusuma Agrowisata untuk melakukan kegiatan petik apel. Dengan didampingi oleh seorang pemandu wisata, Anda dapat memetik sendiri buah apel langsung dari pohonnya dan mendapatkan penjelasan mengenai menanam hingga memanen apel. Di kawasan wisata ini, Anda juga menikmati segarnya minuman sari apel sembari menikmati pemandangan Gunung Panderman.

Balaikota Among Tani

Berdiri di atas lahan seluas 4.2 hektar, Balaikota Among Tani merupakan kantor Walikota Batu. Kompleks pelayanan terpadu yang terletak di Jalan Panglima Sudirman tersebut terbuka untuk umum. Di halaman depan balaikota, pengunjung dapat uji kebolehan di atas papan catur raksasa. Selain itu, Anda juga dapat melihat jajaran patung dada para pahlawan nasional, seperti Bung Karno, Cut Nyak Dien, Diponegoro, dan masih banyak lagi.

Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular (BNS) terletak tak jauh dari Jatim Park II. Objek wisata yang hanya beroperasi pada malam hari ini menggabungkan konsep permainan, olahraga, hiburan, dan pusat perbelanjaan. Selain berbagai permainan karnival, pengunjung dapat menikmati indahnya lampion dengan beragam warna dan bentuk di Taman Lampion. Wahana tersebut merupakan lokasi foto favorit para pengunjung BNS.

Ikan Bakar Manis

Setelah penat berkeliling di Kota Batu, Anda dapat beristirahat sambil menikmati gurih dan sedapnya ikan bakar manis. Ikan bakar khas Kota Batu ini umumnya menggunakan ikan air tawar segar, seperti ikan mas dan gurami. Ikan biasanya direndam dengan campuran bumbu dan kecap manis, lalu dibakar di atas arang membara dan disajikan dengan sambal.

Wedang Angsle

Wedang Angsle merupakan pilihan hidangan penutup yang tepat untuk menghangatkan tubuh di tengah dinginnya malam Kota Batu. Kuah angsle terbuat dari air rebusan daun pandan, vanili, jahe, gula, dan santan. Wedang khas Malang-Batu ini juga dilengkapi dengan potongan roti, beberapa butir ronde kosong, kacang hijau rebus, petulo (putu mayang), ketan putih kukus, dan tapai singkong di dalamnya. (Kabari1007)