KabariNews – Bagi Anda yang jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan dan ingin membawa suasana keindahan alam ke dalam rumah Anda, aquascape adalah pilihan yang tepat sebagai alternatif untuk mengembalikan kondisi fisik dan jiwa Anda selama di rumah.

Menurut pengelola Zitu Aquascape, Syarifhidayatullah atau yang biasa disapa dengan nama Arif, aquascape adalah taman di dalam air yang dapat dikreasikan, sehingga memberikan efek/sensesi seperti berkebun di bawah air. “Ya, bisa kita atur dengan menambah dekorasi. Seperti tanaman air, batu, karang, kayu atau ikan” ujarnya.

Arif menjelaskan, aquascape tidak sama dengan akuarium. Aquascape fokus utamanya adalah tanaman air, fosil/ batu dan kayu sedangkan akuarium condong pada ikan hias. “Pada dasarnya aquascape ya tetap akuarium, namun desain-nya sudah pasti beda. Kalo akuarium sudah pasti isinya ikan saja. Kalau aquascape intinya tanaman. Jadi tanaman di-desain, dibentuk sedemikian rupa seperti tebing-tebingan atau air terjun” terangnya.

Dalam sejarahnya, aquascape pertama kali berkembang di Jepang. Diperkenalkan oleh Takashi Amano padatahun 1990. Kini aquascape makin berkembang ke berbagai belahan dunia, seperti: Jerman, Belanda, Prancis, Vietnam, Indonesia, Amerika bahkan Uzbekistan.“ Di Amerika aquascape juga sudah berkembang. Malahan Indonesia sudah mengekspor tanaman air ke sana. Tanaman dari Kalimantan, namanya _Bucephalandra_” tandas Arif seraya menunjukan tanaman tersebut di tokonya, di bilangan Bintaro, Tangerang.

Aquascape Mampu Mengobati Stres

Selain mengandung unsur keindahan, aquascape juga bermanfaat mengurangi stres yang disebabkan oleh aktifitas sehari-hari. Dalam hasil penelitian beberapa ilmuwan, menemukan, bahwa panorama bawah laut berguna untuk menenangkan pikiran dan jiwa.

Salah satu teori menegaskan, dengan merawat dan melihat aquscape akan meningkatkan produksi hormon endorphin. Hormon yang berguna melepas ketegangan, melancarkan aliran darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, aquascape juga mampu mengurangi efek rasa nyeri pada manusia. Dalam sebuah penelitian terhadap pasien yang sedang menjalani prosedur medis, aquascape terbukti sebagai salah satu obat penghilang rasa nyeri setara dengan analgesik.

Langkah Awal ‘Membangun’ Aquascape

Untuk membuat aquascape, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan, yakni: memilih tema dan menyiapkan alat dan bahan. “Pertama tetapkan model yang diinginkan. Mau membuat Jungle (tema menyerupai hutan), iwagumi( tema yang menekankan pada penempatan batu) atau Ducth style( tema yang terfokus pada tanaman bewarna). Setelah itu siapkan equipment-nya” tuturArif.
Berikut alat dan langkah awal yang perlu disiapkan untuk membuat aquascape:

Alat dan Bahan:

  • Akuarium
  • Pasir/ tanahkhusus
  • Pupuk dasar/ pupuk cair
  • CO2
  • Tanaman air
  • Kayu/ batu
  • Lampu
  • Filter
  • Chiller/ kipas (jika dibutuhkan)
  • Ikan kecil sebagai pelengkap
  • Pinset

Langkah awal:

  1. Siapkan wadah akuarium
  2. Taburkan pupuk dasar, jika ingin menanam tanaman yang mempunyai akar. Jika ingin menanam tanaman yang tidak ditancap pupuk cair bisa digunakan.
  3. Taburkan pasir kasar atau biasa disebut pasir Malang untuk dasar wadah dalam akuarium. Pasir penting digunakan untuk tempat tinggal bakteri dan memudahkan tanaman yang memiliki akar tumbuh dengan baik
  4. Tambahkan pasir halus untuk lapisan teratas. Jangan lupa sebelum pasir ditabur, alangkah baiknya dicuci terlebih dahulu agar mengurangi kotornya akuarium dari debu.
  5. Mulailah berkreasi!
  6. Anda bisa memasukan kayu dan batu, sesuai dengan tema yang Anda pilih.
  7. Jika ingin menancapkan tanaman berakar pada wadah, gunakan pinset agar tanaman tidak rusak.
  8. Selanjutnya, isi air perlahan agar tanaman tidak rusak atau mengambang
  9. Pasang filter air, lampu dan chiller/ kipas jika dibutuhkan.

“Setelah disusun sesuai seperti apa yang kita inginkan. Jangan lupa memasang aerator (aerator adalah sebuah mesin penghasil gelembung udara yang gunanya adalah menggerakkan air di dalam akuarium agar airnya kaya akan oksigen terlarut yang mana sangat dibutuhkan oleh organism dalam air) selama 24” imbuh Arif.

Tips Untuk Pemula

Bagi Anda yang memulai hobi baru ini. Sebaiknya Anda mengikuti tips dasar sebagai berikut :

  • Pilih akuarium berdia meter minimal 60 cm. Hal ini baik untuk pemula, demi memudahkannya menyusun hardscape (tanaman, batu dan kayu) dan terutama dalam pengurasan air. “Kalau berukuran sedang, hardscape berantakan masih bisa disusun. Kalau berukuran kecil, kalau berantakan mesti rusak disusun dari awal”.
  • Kuras air sebanyak 50 persen, selama tiga hari berturut-turut pada proses awal membuat aquascape.
  • Pupuk diberikan setelah air dikuras. Hal ini berguna untuk membantu proses fotosintesis tanaman air.
  • Lampu aquascape mesti menyala pada pagi dan malam hari (8 jam per-hari).
  • Chiller / kipas biar kan tetap menyala (suhu optimal untuk aquascape berkisar 22-24 derajat celcius)
  • Berikan CO2 seperlunya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang tanaman air di dalam aquascape. SelamatMencoba!

(M. Diponegoro)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72383

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero