masker rambutKabariNews – Memiliki rambut lebat alami menjadi dambaan semua orang. Namun terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan, rambut menipis atau bahkan rontok kerap menjadi masalah yang dirasakan banyak orang. Kurangnya perawatan rambut maupun seringnya terpapar zat kimia karena proses pewarnaan menjadikan rambut jadi sering rontok dan menipis. Bagaimana solusinya?

Banyak orang mencari cara untuk menebalkan rambut, tak sedikit dari mereka mencari solusi dengan memanfaatkan produk sampo atau penyubur rambut, namun tak jarang juga yang kecewa lantaran nihil hasilnya. Coba beralih ke yang alami, dengan biaya relatif murah, rambut sehat dan tebal bisa diperoleh dengan perawatan rutin dan sabar. Mau tahu caranya? Simak yang berikut ini.

Anda mungkin pernah mendengar khasiat dari buah kelapa. Ya buah ini tak hanya bisa dikonsumsi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk bermacam kepentingan, salah satunya untuk menyuburkan rambut. Sari dari kelapa adalah santan, nah cairan inilah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk perawatan rambut tipis. Santan mampu menutrisi kulit kepala dan kembali merangsang akar rambut supaya kembali tumbuh. Kandungan vitamin E pada santan kelapa mengadung zat besi, potassium/kalium dan berbagai lemak esensial yang baik untuk rambut. Mari simak cara pengolahan dan penggunaannya.

santan kelapaUsahakan menggunakan santan kelapa parutan murni untuk memperoleh hasil yang maksimal juga menghindari campuran pengawet yang biasanya ditambahkan pada santan kemasan (instan). Parut satu butir kelapa, ambil sarinya (beri sedikit air), peras hingga mendapatkan 100 ml santan kental.  Setelah siap, oleskan santan pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat lembut merata. Diamkan sejenak. Tutup kepala/rambut menggunakan handuk kering, biarkan selama 2 jam sehingga santan meresap ke kulit kepala. Setelah itu bilas dengan air hangat. Jika masih terasa berminyak bilas kembali menggunakan sampo yang biasa Anda gunakan.

Lakukan perawatan ini 2 minggu sekali disaat-saat senggang. Santan tak hanya berkhasiat melebatkan dan mencegah rambut rontok tapi juga dapat menghitamkan rambut secara alami. Rambut lebat hitam alami bisa Anda miliki dengan perawatan santan. selamat mencoba!

Tak hanya santan karena masih ada beberapa jenis bahan alami yang juga dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut. Diantaranya :

teh hijauTeh Hijau

Teh hijau dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Bahan alami ini juga berperan penting menangkal kerusakan pada rambut dan kulit kepala kering yang menyebabkan rambut rontok. Penggunaan teh hijau untuk keramas dapat memberi kesan rileks pada kulit kepala. Tak hanya kandungannya, aroma teh hijau sangat menenangkan dan bisa dimanfaatkan untuk aromaterapi.

Lidah Buaya

lidah buayaBukan lagi rahasia umum, tumbuhan ini sudah tersohor sejak dulu sebagai penyubur rambut. Tak jarang banyak produk kecantikan rambut menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai bahan utamanya. Selain bermanfaat untuk menebalkan rambut, lidah buaya juga membantu mengatasi rambut rusak. Jika ingin memanfaatkannya secara alami, gunakan lidah buaya ukuran besar, belah menjadi dua bagian lalu ambil bagian tengah (seperti gel kaku), gosokkan bagian dalam lidah buaya pada rambut secara merata, lalu diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas sampai bersih.

putih telurPutih Telur

Bahan alami yang satu ini sudah terkenal dengan khasiatnya menguatkan akar rambut. Caranya, pisahkan putih telur dengan kuning telur. Pakai bagian putih, kocok sebentar, lalu oleskan pada kulit kepala sampai merata. Bungkus dengan handuk kering dan diamkan beberapa saat. Bersihkan rambut kemudian dengan air dingin. Untuk menghilangkan aroma amisnya, boleh menggunakan sedikit sampo.

Madu

madu 1Madu memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut dan biasanya digunakan sebagai bahan formula pada produk kecantikan rambut. Anda ingin menggunakannya secara alami, mudah kok. Oleskan madu secara merata, diamkan selama 20 menit baru kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal Anda bisa melakukan perawatan 1 kali seminggu.

Bagaimana, Anda berminat mencoba? Cara-cara diatas  dapat jadi solusi mudah dan hemat. Namun perlu diingat, perawatan alami tersebut membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Selamat mencoba!