Berawal dari kecintaannya terhadap masakan khas Nusantara, Pierre Sanjaya, seorang pengusaha muda asal Jakarta mencoba peruntungannya dengan membuka rumah makan.
Membawa konsep makanan Indonesia modern, restoran yang bertajuk Satoesoek+ ini mengenalkan aneka ragam sajian makanan khas Nusantara.

“Saya berkomitmen untuk mengenalkan dan menyajikan masakan-masakan Indonesia yang unik, lezat dan dapat dinikmati oleh semua orang,” ujar Pierre saat ditemui Kabari di Restoran Satoesoek+, Kelapa Gading, Jakarta.

Selain itu, Pierre menambahkan, “Hidangan Satoesoek plus dimasak secara tradisional untuk mendapat keaslian citarasa masakan Indonesia dalam penyajian yang kekinian.” Imbuhnya.
Pengambilan nama Satoesoek+ terinspirasi oleh sate, Pierre berkata, “Yang notabenenya banyak sekali ragam di berbagai kota di nusantara ini, dan kami memastikan bahwa rasa sate satoesoek+ sudah nikmat sejak tusukan pertama,” katanya.

Beragam menu Nusantara dari berbagai daerah pun dihadirkan di Satoesoek+ ini, ada Nasi Ayam Sambal Matah, Nasi Cumi Cabe Ijo, Mie Tek Tek, Mie Nyemek Jawa, Nasi Goreng Kampung, Gado-Gado, serta masih banyak lagi menu khas nusantara lainnya.

Selain itu, ada satu menu yang paling populer adalah sate Klatak, sate yang satu ini disajikan menggunakan tusukan besi yang berbeda pada sate pada umumnya. Dan ketika dibakar, sate klatak ini akan mengeluarkan bunyi tak-tak.

“Itu kenapa sate ini dinamakan Sate Klatak dan daging yang digunakan adalah daging domba yang terkenal dengan kelembutan tekstur dagingnya,” terang Pierre.

Dalam dunia bisnis pasti ada suka dan dukanya, begitupun dengan Pierre, ia berjuang dan sabar menunggu waktu untuk bisa ramai, dengan harapan para penikmat kuliner yang datang ke satosoek+ bisa menikmati menu yang disajikan dan kembali lagi menjadi pelanggan sejati.

Tempat makan yang ramai dikunjungi pelanggan termasuk public figure seperti Pandji Pragiwaksono dan Tina Toon, di saat weekend ini buka setiap hari Rabu-Senin, Jam 08.00-22.00 WIB, khusus hari Selasa libur. Satoesoek+ juga dilengkapi fasilitas seperti free Wifi, Free refill drink and rice, smoking area, dan area parkir yang luas.

Resep:
Nasi Ayam Sambal Matah ala Satoesoek+

Bahan:

  • 25 Gram Ayam Suir
  • 40 Gram Kacang Panjang
  • 20 Gram Kentang
  • 1 Siung Bawang Putih cincang

Bahan Sambal Matah:

  • 10 Gram Bawang merah iris
  • 6 Gram Cabe rawit iris
  • 1/6 Batang serai
  • 2 Lembar Daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak : 
1. Rebus ayam dengan bumbu kuning dan suir-suir kecil
2. Potong kecil-kecil kacang panjang dan tumis campur dengan bawang putih cincang
3. Potong kecil-kecil memanjang kentang yang sudah dikupas lalu di goreng.

Cara Membuat Sambal Matah:
Panaskan minyak goreng, campurkan semua bahan sambal matah, lalu siram minyak goreng panas ke atas bahan yang sudah dicampur lalu aduk hingga merata. Sajikan sambal matah dengan nasi putih hangat, ayam suir, tumis kacang panjang dan kentang goreng.