Berapa harga mobil Chrysler 300C produksi tahun 2005 dengan argo tempuh yang sudah dipakai mencapai 20 ribu mil atau 32 ribu kilometer? Di Chicago, Amerika Serikat, mobil itu mungkin dihargai US$ 16.500 atau sekitar Rp 149 juta. Tapi mengapa mobil tersebut dijual US$ 1 juta atau sekitar Rp 9 miliar di eBay?

Rupanya pemilik mobil dengan harga lelang selangit itu adalah Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Mobil dengan mesin 5,7 liter Hemi V8 dan 18 mpg (16 L/100 kilometer) tersebut terhitung bersejarah bagi Obama. Mobil itu ikut menjadi saksi perjalanan karier mantan senator negara bagian tersebut.

Obama, misalnya, diketahui mengendarai sendiri mobil ini saat datang ke Detroit Economic Club untuk berpidato tentang perlunya efisiensi bahan bakar di pusat industri otomotif Amerika itu. Ketika menjadi pergunjingan bahwa ia berpidato tentang hemat energi sementara ia menyetir sendiri mobil dengan bahan bakar tak irit, Obama pun menjual Chrysler-nya. Ia mengganti mobilnya dengan Ford Escape Hybrid.

Sejak itu, Chrysler 300C kesayangannya berpindah pemilik. Beberapa kali pindah tangan, mobil tersebut kemudian masuk bursa lelang di Internet. Pada 2009, Chrysler Obama jatuh pada seorang kolektor mobil dari pinggiran Chicago. Harganya konon hampir mencapai US$ 1 juta.

Entah mengapa sang kolektor kembali menjual dengan nilai yang nyaris tak berbeda jauh, yaitu Rp 9 miliar? Sekalipun sang penjual kali ini lebih pintar menjajakan cerita lengkap tentang sejarah mobil itu, sejumlah komentator menilai membeli mobil tersebut merupakan sebuah kesalahan.

Untuk Share
Artikel ini,
Silakan Klik www.KabariNews.com/?37809

Untuk melihat artikel Amerika / Hobby lainnya, Klik di sini

Mohon Beri Nilai dan
Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :