Imam Masjid di New York, Shamsi Ali akan membangun pondok pesantren pertama di Amerika Serikat. Sebagai bentuk dukungan pembangunan pesantren tersebut, Shamsi Ali melakukan kampanye penggalangan dana yang bertajuk konser “Satu Hati” di tanah air.

Shamsi Ali mengatakan, kampanye Satu Hati mengajak serta mendorong seluruh umat Islam Indonesia dalam satu visi, satu hati, satu gerakan, sebagai umat yang bersaudara untuk menampilkan wajah Islam sejati yang Rahmatan Lil Alamin.

“Pendirian pesantren di Amerika Serikat, merupakan sebuah momentum besar bagi bangsa Indonesia, khususnya umat Islam Indonesia sebagai umat Islam terbesar di dunia yang memiliki tanggung jawab untuk mengupayakan solusi dari banyak persoalan yang membelenggu dunia Islam, terutama berkaitan dengan terorisme, Islamophobia serta kesalahan persepsi tentang Islam yang meningkat sejak peristiwa 9/11,” ungkap Shamsi saat ditemui Kabari di bilangan Jakarta Selatan.

Selain masyarakat Amerika baik dan menghormati semua orang, Shamsi optimis membangun pesantren di bumi Amerika, ia menilai institusi Amerika itu dibangun di atas akses yang sangat kuat, konstitusi yang sangat hebat yang melihat manusia itu semua sama, maka yang namanya keadilan universal, kesetaraan, kebebasan itu sangat dihormati di Amerika serikat.

Shamsi mengatakan, meskipun presiden Trump mengambil kebijakan yang tidak memihak kepada pihak-pihak tertentu termasuk kepada komunitas muslim.

Namun, ia tetap optimis, “saya sangat optimis bahwa Amerika adalah negara yang punya konstitusi yang sangat kuat, dan oleh karenanya seorang presiden tidak akan merubah warna Amerika, maka kebebasan beragama tetap ada dan oleh karenanya kami tidak akan pesimis, atas izin Allah, ini tidak akan terhalangi,” jelas Shamsi penuh semangat.

Pesantren yang diberi nama Pesantren Madani Nusantara ini direncanakan akan dibangun di 613 Town St. Moodus CT 06469 USA, berlokasi di kota kecil Moodus, negara bagian Connecticut, tidak jauh dari kota Metropolitan New York.

Dengan luas 7.4 hektar ini akan menjadi proyek strategis pertama umat Islam, karena dibangun di negara adidaya yang menjadi rujukan peradaban modern dan perhatian internasional.
Dia juga mengatakan, melalui dukungan pembangunan Pesantren pertama di bumi Amerika tersebut, berharap nantinya bukan saja akan menjawab segala persoalan umat dari pendekatan aspek ruhaniah, tetapi juga intelektual.

“Saya ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia kaya akan pendidikan Islamnya sebagai umat Islam terbesar di dunia,” ujar Shamsi Ali.

Kampanye Konser “Satu Hati” merupakan salah satu event dengan konser penggalangan dana yang akan diisi oleh Ippho Santosa, Derry Sulaiman, Oki Setiana Dewi, Opick Tombo Ati, Indah Dewi Pertiwi, Ayrriza Vebbe dan tim satu hati lainnya. Konser tersebut akan digelar di berbagai kota di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bandung, dan Pekanbaru akhir Januari hingga pertengahan Februari mendatang.