Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendapat sambutan hangat saat menyampaikan pidato di John F Kennedy Jr Forum, Kennedy School of Government Institute of Politics, Harvard University, Rabu (30/9) dini hari atau Selasa waktu setempat.

Selain memaparkan pentingnya peranan forum G-20 dalam mendorong penyehatan ekonomi global, serta dukungan Indonesia terhadap forum tersebut, Presiden SBY juga menyampaikan respon atas pidato presiden Barack Obama di hadapan dunia muslim di Universitas Al-Azhar Kairo beberapa waktu lalu.

Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia menyambut positif keinginan dunia barat untuk sama-sama membuka diri, sama-sama berkata jujur untuk membangun  kebersamaan  tanpa saling curiga menuju perdamaian dunia. Demikian presiden SBY mengungkapkan.

Untuk mendorong tujuan tersebut, Presiden SBY memaparkan sedikitnya sembilan poin yang bisa ditempuh, salah satunya memiliki sikap toleran terhadap perbedaan.

Menurut SBY, pada abad 21 ini bukan jamannya lagi orang  membeda-bedakan warna kulit, ras, suku, maupun agama.  “Toleransi terhadap perbedaaan agama, ras, dan perbedaan yang lain,  mesti terus ditumbuhkan, sementara sikap rasis harus segera dihilangkan.” ujar SBY.

Dihadapan forum yang dihadiri sejumlah pejabat pemerintah Amerika,  beberapa pejabat Indonesia yang turut dalam rombongan, serta para civitas akademika Universitas Harvard, presiden SBY sempat mencontohkan keluarga Presiden Barack Obama sebagai contoh hubungan multi kultur yang sehat.

“Presiden Barack Obama, adalah potret sesungguhnya sebuah  bentuk multi kuluturalisme, dengan latar belakang Kenya dan Indonesia,” ucapnya.

Pidato selama 30 menit tersebut menjadi pidato pertama presiden Indonesia di Universtas Harvard sepanjang sejarah.

 Usai memberikan pidato dengan penutup berupa ajakan  agar warga dunia  membangun dunia baru yang lebih baik, presiden SBY  pun mendapat standing applause hadirin.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33815

Untuk melihat Berita Amerika /Amerika / National lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :