Jakarta, KabariNews.com – Setelah mendapat pengakuan dunia melalui lembaga internasional yang mengurus masalah kebudayaan, UNESCO, yang menyatakan bahwa batik merupakan warisan budaya tak berbenda yang dihasilkan Indonesia, ajakan untuk memakai batik secara serentak pada tanggal 2 Oktober pun terus ramai disuarakan.

Dipilihnya tanggal 2 Oktober sebagai hari untuk bersama-sama menggunakan batik bagi seluruh rakyat Indonesia karena bertepatan dengan digelarnya serangkaian acara UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emerat Arab.

Keberhasilan diakuinya batik oleh dunia ini sebelumnya telah disampaikan Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/9).

Selain itu, Presiden SBY juga mengajak kepada segenap masyarakat untuk memakai batik secara bersama-sama sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap kebudayaan asli Indonesia tersebut.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik juga sempat mengatakan, bahwa pengakuan dunia atas warisan kebudayaan Indonesia ini merupakan langkah penting bagi kebudayaan Indonesia.

Ia juga menambahkan, bahwa selain wayang dan keris yang telah mendapat pengakuan oleh UNESCO, alat musik tradisional khas Jawa Barat, yakni Angklung, juga tengah diperjuangkan agar turut mendapat pengakuan dunia sebagai salah satu wazrisan kebudayaan milik Indonesia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33811


Untuk melihat Berita Indonesia / Seni lainnya, Klik
disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :