KabariNews – Untuk menetapkan 1 Syawal Hari Raya Idul Fitri 1436H, Pemerintah melalui Kementerian Agama akan mengadakan sidang isbat pada 16 Juli 2015 mendatang.

Seperti dikutip laman Kemenag.go.id (8/7), Menteri Agama Lukman Hakim menyampaikan bahwa keputusan penetapan Lebaran akan diputuskan setelah sidang isbat. “Terkait dengan penetapan 1 Syawal, pemerintah akan mengadakan sidang isbat dengan mengundang tokoh agama dan ahli astronomi pada 16 Juli 2015” kata Menteri Agama.

Di sela-sela acara Majelis Kemisan bertema “Islam Nusantara”, Menag menyampaikan Kementerian Agama akan mengumpulkan sejumlah perukyat yang berkompeten dan telah disumpah untuk menyaksikan bulan (hilal) di titik-titik tertentu di Indonesia. Menurut Menag, terdapat kemungkinan Idul Fitri tahun ini tidak dilaksanakan bersama-sama oleh sebagian umat Islam di Indonesia. “Kalau hilal terlihat memenuhi syarat besok ( 16 Juli) maka sholat Ied dilakukan esok harinya, kalau tidak terlihat itu berpulang pada peserta isbat” kata Lukman

Intinya, kata Lukman, pemeritah akan tetap menunggu keputusan hasil sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal. Kendati demikian, Menag tetap berharap agar Lebaran nentinya dapat dirayakan secara bersama-sama pada semua lapisan umat Islam di Indonesia.

“Dari sisi kemungkinan beda itu ada, tetapi untuk disamakan juga besar peluangnya. Kami berharap semua satu pandangan menentukan hilal itu terlihat seperti apa. Tapi kalau perbedaan itu tidak bisa disamakan, kita harus berjiwa besar untuk menghargai” tutup Menag. (sumber : Kemenag.go.id)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78389

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1