TSetiap orang yang memiliki kendaraan jenis mobil atau motor sangat teliti dalam memeriksa bagaimana kondisi kendaraannya, tak hanya dari segi kenyamanan saja namun lebih kepada faktor keamanan berkendara

Bicara soal keamanan kendaraan dan berkendara, Anda yang berencana memakai kendaraan untuk beraktivitas di kala libur akhir tahun dan libur panjang sekolah kemarin, pasti telah melakukan pemeriksaan awal kendaraan. Baik yang dilakukan sendiri atau pergi ke bengkel guna memastikan kendaraan yang akan dipakai dalam kondisi dan performa baik serta aman.

Nah, apakah setelah selesai beraktivitas dengan kendaraan itu kita harus memeriksanya lagi? Mengapa?

MenurutChief Executive Trainer Defensive Indonesia, Adi Sarjito Kolopakingjika kendaraan dipakai untuk perjalanan jauh dan panjang, memang penting dan harus diperiksa lagi.

“Kendaraan wajib dan harus diperiksa lagi karena komponen-komponen kendaraan yang digunakan pasti bekerja semua. Makanya, harus diperiksa lagi, siapa tahu ada komponen yang aus, yang nantinya bisa mengurangi performa kendaraan atau malah membahayakan pengendarannya, “ katanya.

Adi pun menambahkan, pemeriksaan kendaraan juga tetap harus dilakukan pada kendaraan yang tidak digunakan atau ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama.

“Kalau ini sih, harus dan wajib diperiksa sebelum digunakan, karena beberapa komponen kendaraan itu justru butuh pergerakan supaya tidak mengalami kerusakan prematur, seperti pada ban, seal-seal, drivetrain, dan lain-lain,” ujarnya menegaskan.

Kalau untuk mengingatkan para pengemudi kendaraan baik roda dua ataupun empat, Adi Sarjito, punya metode praktis dan mudah diingat oleh siapa pun, yaitu KOLAK. Eits, ini bukan jenis makanan yang dijual saat bulan puasa, ya. KOLAK merupakan akronim dari Kertas, menyangkut surat-surat, lengkap dan masih berlaku, Oil, oli mesin, minyak rem, minyak power steering, oli transmisi otomatis , termasuk BBM, Listrik, lampu-lampu, charging, aki.

Air, air radiator, air aki, air wiper, termasuk air buat pengemudinya, K aret, ban, tekanan angin, karet wiper, v belt

“Dengan mengingat KOLAK setiap saat, artinya seorang pengemudi atau pengendara sudah memiliki kesadaran tinggi atas kendaraan yang digunakannya,” tandas Adi Sarjito.

Metode KOLAK dapat dilakukan sendiri ataupun di bengkel langganan. Adi menjelaskan, “Nggak mesti harus dilakukan berurutan, KOLAK hanya untuk mempermudah mengingat apa yang harus diperiksa saja. Untuk pemeriksaannya sendiri bisa menggunakan metode lain, yaitu dengan mengelililingi kendaraan. Dengan sekali mengelilingi kendaraan, otomatis sudah terperiksa semua, dengan begitu tak ada komponen atau bagian yang terlewat saat pemeriksaan berlangsung.”

Terakhir, ada baiknya cuci kendaraan yang memang akan digunakan setiap hari sebelum digunakan untuk beraktivitas rutin. Hal tersebut akan membuat Anda tampil lebih nyaman dan percaya diri.

Mencuci kendaraan ini sebaiknya sesekali dilakukan sendiri agar Anda memahami kondisi kendaraan dan mengenal bagian dan komponen kendaraan. Nah, kalau mau lebih santai dan praktis, bawa saja kendaraan Anda ke tempat-tempat pencucian yang banyak menawarkan diskon serta paket-paket hemat menarik.