KabariNews – Hanya orang-orang tertentu yang bisa naik kapal pesiar. Orang-orang tertentu disini maksudnya adalah orang berkantong tebal. Bayangkan, bayarnya saja pakai dollar. Nah kita tahu berapa rupiah per dolar, ngeri rasanya membayangkannya. Bukan ngeri naik kapalnya tapi ngeri bayarnya. Namun bila anda punya cukup uang, tidak ada salahnya sekali-kali mencoba naik kapal pesiar. Tapi anda perlu trik-trik agar anda tidak kecewa. Anda tidak mau kan, sudah bayar mahal-mahal ternyata tidak menyenangkan.

Berikut ini tips-tips persiapan berlayar dengan kapal pesiar atau Cruise

Ingat ini adalah perjalanan mahal, anda harus benar-benar memperhitungkan biayanya

Pilihlah perusahaan biro jasa yang kompeten dan sudah dikenal memiliki pelayanan bagus

Pilihlah paket perjalanan yang sesuai dengan keuangan anda, biasanya perjalanan dengan kapal pesiar minimal memakan waktu seminggu

Setelah anda memilih biro jasa, segeralah booking tempat setidaknya 1 bulan  sebelum perjalanan. Biasanya mereka akan memberikan diskon khusus untuk anda

Setelah membooking, pastikan perjalanan dari dan ke kapal pesiar sudah termasuk didalamnya.

Pastikan kepada biro jasa, apakah biaya yang anda bayar sudah termasuk biaya optional tour ketika berlabuh ke suatu kota. Beberapa biro jasa ada yang memisahkan biaya ini.

Persiapkan semua dokumen-dokumen anda dengan lengkap, seperti paspor dan identitas diri yang lain

Bawalah perlengkapan dan uang secukupnya

Ingatlah anda akan berada di lautan lepas selama berhari-hari, pastikan kapal yang anda naiki memiliki fasilitas keamanan standar (tanyakan saat anda booking)

Terakhir, dia atas kapal pesiar akan ada berbagai tempat hiburan dan restoran, dan semuanya pasti berharga “lumayan”, jadi bijaklah anda menggunakan uang anda.

Bagaimana? Sudah siapkah anda memulai perjalanan anda? Jangan sampai ada sesuatu yang kurang begitu anda berada di atas kapal pesiar. Kalau ada, berarti anda harus nyebur dan berenang ke rumah.Bye!(yayat)