1. Bom meledak di stasiun kereta bawah tanah di kota St Petersburg pada Senin, 3 April 2017. Kementerian Kesehatan Rusia merilis data terbaru korban ledakan bom. 11 Orang dinyatakan tewas dan 39 orang lainnya luka-luka.Perdana Menteri Rusia Dimtry Medvedev menyebut ledakan bom di St Petersburg merupakan serangan teror. Presiden Rusia Vladimir Putin sedang menghadiri acara di kota Saint Petersburg, Rusia saat ledakan terjadi pada Senin (3/4) waktu setempat. Otoritas Rusia mencurigai ada keterkaitan antara ledakan ini dengan kunjungan Putin.
    Ledakan terjadi pada Senin (3/4) sore, sekitar pukul 14.30 waktu setempat, saat kereta melaju di terowongan bawah tanah dari Sennaya Ploshchad menuju Tekhnologichesky Institut (Technological Institute) yang ada di pusat kota. Ledakan terjadi di salah satu gerbong kereta bawah tanah itu. Komite Investigasi Rusia mengungkap identitas pelaku serangan bom di stasiun metro Tekhnologichesky Institut  di kota St. Petersburg. Pelaku diketahui adalah benar seorang warga Kyrgyzstan. Pelaku adalah seorang pemuda berusia 22 tahun bernama Akbarzhon Dzhalilov. Penyelidikan juga berhasil mendapati orang yang sama telah meninggalkan tas dengan bahan peledak di stasiun kereta bawah tanah Ploschad Vosstaniya. Bahan peledak tersebut berhasil ditemukan sebelum meledak.
  2. Presiden Afganistan Mohammad Ashraf Ghani mengapresiasi Indonesia atas segala pencapaian yang didapat. Menurut Ghani, Indonesia menjadi teladan bagi negara-negara besar. Hal ini diutarakan Ghani setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017). Ghani juga menyebut Indonesia sebagai negara anggota ASEAN yang sukses melakukan konsolidasi demokrasi dan perdamaian. Ghani mengatakan negaranya juga sedang berusaha mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin, seperti yang ada di Indonesia. Dikatakan Ghani, salah satu kerja sama yang dilakukan antara RI dan Afganistan terkait dengan meningkatkan peran perempuan untuk pembangunan dan perdamaian. Ghani juga mengatakan negaranya menyambut baik bantuan dari Indonesia untuk mewujudkan perdamaian di Afganistan.
  3. Pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos, kini jadi orang terkaya kedua di dunia. Bezos menyalip Warren Buffet yang sekarang harus turun ke posisi ketiga. Daftar Billionaires Index yang dirilis Bloomberg, menunjukkan Bezos punya harta sebanyak US$ 75,6 miliar (Rp 1.005 triliun). Hartanya bertambah US$ 1,5 miliar setelah harga saham Amazon melonjak dengan tambahan kapitalisasi apsar US$ 9 miliar di pasar saham. Saham Amazon naik tinggi setelah analis dari Barclay’s menyebut perusahaan teknologi itu akan menjadi salah satu perusahaan dengan kapitaliasi pasar menembus triliun dolar AS di masa mendatang. Saham Amazon memang sedang panas-panasnya. Setahun belakangan ini sahamnya sudah tumbuh 16%. Investor pun banyak yang puas dengan pertumbuhan ini. Bezos tak hanya punya Amazon, ia juga punya perusahaan eksplorasi luar angkasa bernama Blue Origin. Tujuannya adalah memberikan jasa wisata luar angkasa untuk umum. Posisi orang terkaya dunia masih dipegang oleh pendiri Microsoft, Bill Gates dengan harta US$ 86 miliar (Rp 1.143 triliun). Sementara Buffet di posisi ketiga dengan harta US$ 74,9 miliar (Rp 996 triliun).
  4. Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan militer terhadap Suriah usai serangan kimia yang memakan banyak korban jiwa. Presiden AS Donald Trump memerintahkan serangan rudal terhadap sebuah pangkalan udara Suriah.
    Seperti dilansir Reuters, Jumat (7/4/2017), dalam mengumumkan langkah ini, Trump menyatakan dirinya bertindak untuk membela kepentingan keamanan nasional melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Langkah ini tergolong langkah paling keras AS sepanjang 6 tahun konflik Suriah.
    Di sisi lain, langkah ini berpotensi memicu konfrontasi dengan Rusia dan Iran, sekutu dekat Assad. Dituturkan sejumlah pejabat AS yang enggan disebut namanya, sekitar 50 rudal Tomahawk ditembakkan dari sejumlah kapal perang Angkatan Laut AS, seperti USS Porter dan USS Ross, yang siaga di Laut Mediterania.
    Rudal-rudal itu mengenai sejumlah target, termasuk landasan udara, pesawat tempur dan pusat pengisian bahan bakar yang ada di Pangkalan Udara Shayrat di Suriah. Kerusakan yang dipicu dari serangan AS ini belum diketahui pasti.
  5. Lagu ‘Kobarkan Semangat’ yang digunakan untuk kampanye cagub-cawagub DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ramai diperbincangkan di media sosial. Lagu itu disebut mencontek lagu milik penyanyi Yahudi.
    Lagu ‘Kobarkan Semangat’ dianggap mirip dengan lagu berjudul Hashem Melech milik penyanyi Yahudi, yang dipopulerkan oleh Gad Elbaz. Hal itu dibantah oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid.
    Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ikut berkomentar tentang lagu itu. Menurutnya, lagu ini dibuat oleh PKS. Dia menegaskan, tidak benar jika lagu itu hasil jiplakan. Sandiaga menegaskan, isu jiplak lagu band asal Israel merupakan fitnah. Menurutnya, ada orang yang tidak suka kesejukan dalam pertarungan Pilgub DKI 2017.
  6. Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi menyatakan kondisi darurat Mesir selama tiga bulan ke depan. Langkah ini menyusul serangan bom terhadap dua Gereja Koptik yang menewaskan setidaknya 44 jiwa pada Minggu, 9 April 2017. Kondisi ini termasuk untuk penahanan tanpa surat perintah bagi mereka yang dicurigai, bahkan hingga menyisir ke rumah warga. Namun Abdul Fattah Al Sisi masih menunggu persetujuan dari parlemen untuk melakukan tindakan-tindakan terkait kondisi darurat tersebut. Sebelumnya Al Sisi telah menginstruksikan penyebaran militer di penjuru negeri untuk melindungi objek vital.
    Presiden keenam Mesir ini menganggap Mesir masuki kondisi darurat pasca klaim ISIS atas penyerangan Gereja Koptik St George di bagian utara kota Tanta, dan Gereja Koptik St Mark di Alexandria Minggu (9/4). Bahkan kelompok teroris ini memberi peringatan adanya serangan susulan yang spesifik terhadap penganut Kristen Koptik. Bom yang diledakkan di Gereja Koptik St George diletakkan di bawah kursi dekat altar dan menewaskan 27 orang serta melukai 78 orang. Sementara pascaledakan pertama, polisi sempat menahan pengebom memasuki Gereja Koptik St Mark, namun pelaku langsung meledakkannya di luar gereja dan menewaskan 17 orang, termasuk petugas berwajib. 35 Orang terluka dalam ledakan kedua. Kristen Koptik merupakan minoritas di Mesir. Jumlahnya hanya 10 persen dari populasi warga Mesir. Serangan dilakukan beberapa minggu sebelum kedatangan Paus Francis untuk mendukung jemaat minoritas ini.
    Penyerangan ISIS kali ini bukan yang pertama. Sebelumnya pada Desember lalu Gereja Koptik juga menjadi target serangan yang menewaskan 25 orang.
  7. Aksi penodongan dan penyanderaan penumpang angkot KWK-T25 (Rawamangun-Pulogebang) di Jl I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, menghebohkan warga sekitar. Insiden itu digagalkan oleh anggota Satlantas Jakarta Timur Aiptu Sunaryanto.
    Minggu, 9 April 2017, sekitar pukul 19.00 WIB, Sunaryanto melintas di traffic light Saat itu dia hendak berangkat dinas ke kantornya di Unit Kecelakaan Lalu Lintas, Kebon Nanas, Jakarta Timur. Sunaryanto mendadak berhenti setelah mendengar teriakan perempuan dari dalam angkot berwarna merah tersebut. Begitu mendekati angkot itu, ia mendapati seorang pria yang belakangan diketahui bernama Herwaman (28) sedang menyandera perempuan berkerudung, Risma Oktaviani (25). Risma saat itu sedang memangku anaknya yang masih balita, Dafa Ibnu Hafiz. Bocah kecil itu tengah tidur di pangkuan saat nyawa sang ibu dalam bahaya. Melihat situasi rawan tersebut, Sunaryanto tidak gegabah mengambil langkah. Ia berupaya bernegosiasi dengan pelaku. Untungnya, tembakan Sunaryanto tidak meleset. Tembakan pistol revolvernya mengenai lengan kanan pelaku sehingga korban terbebaskan setelah setengah jam lebih disandera.
    Kasus ini bermula ketika angkot yang ditumpangi korban Risma dan anaknya, Isnawati, dan Herawati melintas di depan kantor Perumnas III. Pelaku naik dari situ, lalu menodongkan sebilah pisau kepada penumpang.
    Isnawati sempat menyerahkan handphone kepada pelaku, namun pelaku meminta lebih. Isnawati sempat terlibat adu mulut dengan pelaku sampai akhirnya dia berteriak meminta tolong. Sopir angkot menghentikan mobilnya. Pelaku kemudian gelagapan. Isnawati memanfaatkan momen itu sehingga akhirnya turun dari angkot.
    Warga kemudian ramai-ramai mendatangi angkot tersebut. Celakanya, Risma dan putranya tidak sempat meloloskan diri. Dia pun menjadi korban penodongan pelaku. Beruntung, setelah setengah jam lebih disandera pelaku, Sunaryanto melintas di lokasi. Risma dan putranya pun akhirnya selamat dari maut.
  8. PT Pertamina EP optimis target capaian di tahun 2017 ini akan tercapai. Hal itu ditunjukan dari tren positif capaian yang diperoleh dari tingkat produksi pada triwulan pertama 2017. PTH Presiden Director PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf mengatakan, pada triwulan pertama atau akhir Maret 2017 tingkat produksi mintak sudah mencapai 80.727 BOPD atau 95 % dari target sebesar 85.000 BOPD. Sementara dari sektor gas sudah mencapai 961,6 MMSCFD atau 93 % dari target sebesar 1.041 MMSCFD. Pihaknya mengklaim, hingga triwulan pertama bisa menahan laju penurunan produksi alamiah hingga 20 % pertahun dan menjaga tingkat produksi dikisaran 80.000 BOPD. Menurut Nanang, selama tiga bulan pertama telah terjadi dinamika produksi di lapangan hinga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan mengoptimalisasi produksi. Salah satu yang mengalami peningkatan adalah Jatibarang Field dari semula kisaran 87 BOPD menjadi 2.781 BOPD. Selain itu, Rantau Field selama awal tahun ini juga menunjukan tren positif dengan kenaikan dari 2.100 BOPD pada Januari menjadi 2.831 pada awal April ini, atau telah menembus capaian sebesar 127 % dari target. Peningkatan tersebut diperoleh dari pekerjaan 5 sumur reparasi dan 1 sumur pemboran.
    Nanang mengungkapkan, selain berupaya melakukan peningkatan produksi pihaknya juga berkomitmen untuk menjaga ketersediaan cadangan energy dengan melakukan pencarian cadangan-cadangan baru melalui survei seismik dan eksplorasi.Saat ini, kata Nanang, untuk kegiatan pemboran eksplorasi pihaknya telah menyelesaikan 3 sumur eksplorasi dan masih berjalan pemboran terhadap 6 sumur lainnya. Kegiatan tersebut sudah berjalan dari awal tahun 2017 ini. Pertamina sendiri tahun ini menargetkan produksi migas tumbuh 7 % dari tahun 2016 atau sebesar 693 KBOEPD. Untuk produksi geothermal ditargetkan tumbuh sebesar 32 % hingga 4.026 GWH. Sedangkan untuk temuan sumber daya dari kegiatan eksplorasi diharapkan mampu tumbuh 90 % dari 2016 atau 513 MMBOE.
  9. Kementerian Hukum dan HAM menyatakan tengah mengkaji usulan soal pengelolaan Rumah Tahanan oleh pihak swasta. Hal itu terkait besarnya biaya operasional pengelolaan Rutan selama ini. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, pengelolaan Rutan oleh swasta dimungkinkan bisa menghemat Anggaran Pembelian dan Belanja Negara yang selama ini dikeluarkan oleh pemerintah. Hal ini diutarakan Yasonna dalam Rapat Kerja dengan Komisi III di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/4). Meski mengaku tengah mengkaji, Yasonna mengklaim, belum bisa memastikan teknis pengelolaan Rutan oleh pihak swasta. Ia hanya berkata, usulan tersebut juga telah dikonsultasikan dengan salah satu Direktorat Jenderal di Kementerian Keuangan untuk dikaji secara mendalam. Lebih lanjut, dalam Raker tersebut, Yasonna menuturkan saat ini telah melakukan redistribusi narapina di sejumlah rutan yang mengalami kelebihan kapasitas. Ia mencontohkan. narapidana dari lapas Cipinang dan Salemba dipindahkan ke lapas Depok, Sindur, hingga Karawang. Masalah kesehatan narapidana juga menjadi hal yang dianggap Yasonna masih perlu ditingkatkan. Ia berkata, masalah kesehatan narapidana tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, di antaranya kelebihan kapasitas, buruknya sanitasi, terbatasnya anggaran makanan, dan kurangnya dokter. Diketahui, Kemenkumham mendapatkan tambahan Rp1,3 triliun untu pembiayaan program pembinaan dan penyelenggaraan masyarakat pada 2016. Total dana yang diterima oleh Kementerian itu adalah Rp9,5 triliun. Kementerian itu harus membayar utang bahan makanan untuk napi sebesar Rp228,82 miliar. Selain itu, ada pula utang langganan daya dan jasa pemasyarakatan Rp9,38 miliar.
  10. Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru terkait dengan elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub DKI 2017. Hasilnya, tingkat kepuasan warga terhadap Ahok tinggi, namun elektabilitas Anies unggul. Survei yang dirilis pada Senin (10/4/2017) ini bertajuk ‘Paradoks Perilaku Pemilih Pilgub DKI 2017: Adu Kuat Pemilih Rasional vs Pemilih Emosional’. Survei dilakukan oleh Median pada 1-6 April 2017 dengan 1.200 responden. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling. Margin of error 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.
    Hasilnya, 44,9% pemilih menilai Ahok-Djarot mampu membenahi Jakarta, sementara 40,9% lainnya menilai Anies-Sandi-lah yang mampu. Ada 46,1% responden yang menganggap program Ahok-Djarot paling bagus. Di sisi lain, yang menilai program Anies-Sandi bagus sebanyak 39,3% responden. Ahok-Djarot juga dinilai lebih berpengalaman oleh 65,9% responden. Hanya 23,2% responden yang menganggap Anies-Sandi berpengalaman. Total ada 65,6% pemilih yang puas terhadap kinerja Ahok selama menjadi Gubernur DKI Jakarta.
    Namun tingkat kepuasan warga berbanding terbalik dengan elektabilitas terhadap calon. Ahok-Djarot mengungguli Anies-Sandi dalam hal kepuasan kinerja, tapi dalam hal elektabilitas, Anies-Sandi balik mengungguli. Berdasarkan survei Median, elektabilitas Anies-Sandi sebesar 49,8%, sedangkan elektabilitas Ahok-Djarot 43,5%. Sebanyak 6,7% responden tidak menjawab. Median mencatat elektabilitas Anies-Sandi naik 3,5%, sedangkan Ahok-Djarot naik 3,8% dibanding pada Februari 2017. Median lalu menanyakan alasan responden memilih kedua pasangan tersebut. Hasilnya, ada 67,1% responden yang memilih Ahok karena alasan rasional, sedangkan 18,2% lainnya karena alasan emosional. Di sisi lain, ada 31,1% responden yang memilih Anies karena alasan rasional dan 60,4% karena alasan emosional. Alasan rasional misalnya kinerjanya terbukti dan berpengalaman, sedangkan alasan emosional antara lain tegas, peduli, seagama, dan merakyat. (1009)