1. Sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali dilanjutkan hari ini, Selasa (7/3/2017) di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.  Pengacara Ahok, Humprey Djemat mengatakan, ada tiga saksi yang akan dihadirkan dalam sidang ke-13 kali ini, di mana pihaknya berkesempatan untuk menghadirkan saksi meringankan. Ketiga saksi itu adalah politikus Partai Golkar Bambang Waluyo Djojohadikoesoemo, kakak angkat Ahok yakni Analta Amier, dan Wakil Rektor Universitas Darma Persada Jakarta Eko Cahyono. Sidang Ahok ini merupakan sidang pertama bagi Gubernur DKI Jakarta itu mendapat kesempatan menghadirkan saksi meringankan. Diketahui pada sidang-sidang sebelumnya, saksi dan ahli yang hadir diajukan jaksa penuntut umum (JPU).
  2. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbarunya soal putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017. Dalam survei LSI Denny JA tersebut, pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno diprediksi unggul dari pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)- Djarot Saiful Hidayat. Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menyampaikan, dari 440 responden yang disurvei pada periode 27 Februari sampai 3 Maret 2017, sebanyak 49,7 persen responden memilih Anies-Sandiaga. Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon bersyukur atas hasil tersebut.
  3. Presiden Joko Widodo menerima Presiden Afrika Selatan Jacob Gedleyihlekisa Zuma di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2017).Keduanya melakukan pertemuan bilateral membahas kerjasama antar kedua negara.
    Jokowi mengatakan, dirinya senang bisa menyambut kedatangan Jacob dan delegasi ke Indonesia. Jokowi mengatakan, Indonesia dan Afrika Selatan merupakan dua negara yang sama-sama giat di wadah G21. Jokowi mengatakan, Indonesia berharap agar kerjasama Indonesia dan Afrika Selatan dalam menggerakkan kerjasama ‘Selatan-selatan’ dapat diintensifkan.
  4. Banjir yang menggenangi kawasan Baleendah-Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Rabu, (8/3/2017) melumpuhkan akses lalu lintas di kawasan tersebut. Pengendara dari arah Pangalengan-Soreang-Banjaran harus berputar arah menuju Jalan Baleendah-Bojongsoang.
    Jalur Baleendah-Dayeuhkolot terputus karena banjir akibat luapan Sungai Citarum sudah mencapai 1,5 meter. Jalan Baleendah-Bojongsoang bisa dilalui, namun terjadi kemacetan karena air mencapai ketinggian sekitar 40 centimeter. Sopir angkot terpaksa menurunkan penumpang di tengah jalan. Penumpang angkot yang ingin meneruskan perjalannannya hingga tempat tujuan harus naik armada angkutan umum lainnya seperti andong atau delman dan beberapa perahu kayu untuk mengangkut penumpang yang turun dari angkot.
    Sementara di jalur Baleendah-Bojongsoang meski bisa dilalui, namun terjadi kemacetan. Kemacetan tersebut terjadi sekitar 1 kilometer dari arah Majalaya-Ciparay-Baleendah menuju Bojongsoang-Buahbatu-Kota Bandung.
  5. Perubahan strategi kampanye dilakukan duet calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot (Ahok) dan Saiful Hidayat di awal-awal putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah 2017 di DKI Jakarta. Sejak hari pertama kampanye putaran dua pada Selasa (7/3) hingga menjelang akhir pekan, kegiatan Ahok tampak senyap. Djarot terlihat lebih kerap muncul sedangkan Ahok benar-benar jarang terlihat. Kegiatan kampanye pasangan petahana itu jauh kalah ramai jika dibandingkan dengan yang dilakukan lawannya Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Ahok pada Jumat (10/3) membeberkan alasan kenapa dirinya menutup diri di pekan pertama putaran kedua pilkada. Menurut Ahok jika agenda kegiatannya disebarluaskan maka keramaian di lokasi blusukan akan luar biasa dan justru membuat tujuan awalnya melakukan blusukan tak akan tercapai.  Ahok, yang menyandang status terdakwa kasus dugaan penistaan agama ini mengklaim di mode senyapnya tersebut telah mengunjungi banyak tempat, mulai Rawabuaya, Jatinegara, hingga Jagakarsa. Seluruh agenda blusukan itu berhasil ditutupi dengan baik sehingga terhindar dari publikasi ke masyarakat luas. Alasan menghindari keramaian itu pun dibenarkan oleh partai politik pendukung Basuki-Djarot. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Eva Kusuma Sundari mengklaim menghindari keramaian memang sudah menjadi gaya dari Ahok.
  6. Ribuan orang memadati kegiatan haul Presiden ke-2 Indonesia Soeharto dan peringatan 51 tahun Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) di Masjid At-Tin, Sabtu (11/3/2017). Acara yang digelar dalam peringatan tersebut adalah ‘Selawat untuk Negeri’.
    Para umat yang datang sampai memenuhi halaman masjid yang dibangun di era Soeharto tersebut. Acara tersebut sudah dihadiri sejumlah ulama seperti KH. Arifin Ilham, Abdullah Gymnastiar, Habib Syech, Habib Rizieq. Hadir juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hingga mantan Ketua DPR Akbar Tanjung serta pasangan cagub-cawagub DKI Anies-Sandi. Dalam acara ini, anak-anak Soeharto juga turut hadir di haul sang ayah. Mereka diantaranya Siti Hardiyanti Hastuti (Tutut), Siti Hediati Hariyadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).
  7. Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Siaful Hidayat mendapat penolakan dari massa yang menghadiri acara peringatan 51 tahun Supersemar dan Haul Presiden Soeharto di Masjid At Tin Jakarta Timur, Sabtu malam, 11 Maret 2017. Aksi penolakan massa ini sudah terlihat, sejak Djarot tiba di lokasi acara sekira pukul 18.00 WIB. Untuk memasuki lokasi acara, Djarot sudah harus dikawal oleh polisi. Djarot tidak sampai menuntaskan hingga acara selesai. Ia pun keluar dari lokasi sekira pukul 20.30 WIB, dan lagi-lagi mendapat penolakan. Massa pun terlihat ricuh, ketika Djarot keluar. Beberapa di antaranya, bahkan melontarkan kata-kata kasar kepada calon petahana Pilkada DKI 2017 itu. Sejauh ini, tak jelas apa alasan penolakan massa tersebut. Namun, di linimassa twitter, reaksi massa atas kehadiran Djarot tersebut langsung menjadi puncak percakapan netizen. Penolakan itu pun menuai kecaman keras dari netizen dan dianggap tak mencitrakan penghormatan, sebab Djarot disebut memang mendapatkan undangan dari panitia penyelenggara.
  8. Dedi (25), Mahasiswa Fakultas Bahasa Indonesia dari Universita Muhamadiyah Jember, ditembak penumpang Suzuki Swift di depan pertokoan Hardy’s Jember Plaza, Jl. Sultan Agung sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (11/3/2017). Sebelum ditembak, sempat terjadi pergumulan antara korban dengan penumpang mobil.  ersangka berinisial BM masih berusia 24 tahun, dan merupakan anggota Brimob Polda Jatim. Dua hari berselang, Polisi akhirnya menemukan sang pelaku. Menurut Kapolda Jatim, Irjen Machfud Arifin, mengatakan tersangka sudah mengakui perbuatannya. Dia merupakan anggota Polri dari Satuan Brimobda. Irjen Machfud Arifin mengatakan, pihaknya mengedepankan komitmen penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, siapapun pelakunya. Meskipun dalam kasus ini tersangka adalah polisi. Menurut Machfud, korban meninggal dunia setelah tertembak peluru dari senjata api (senpi) genggam jenis revolver, merk COD, bernomor senpi 646200. Senjata api tersebut adalah milik kesatuan. Tersangka dijerat pasal 338 KUHP. Menurut Machfud kejadian ini karena spontanitas saja, dan tidak direncanakan.
  9. Presiden Joko Widodo, Senin (13/3/207) siang, melantik 17 duta besar baru RI  untuk sejumlah negara sahabat. Beberapa nama terkenal yang dilantik antara lain Tantowi Yahya sebagai Dubes RI untuk Selandia Baru, lalu Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, ME sebagai Dubes RI untuk Ukraina.
  10. Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menentang adanya larangan menyalatkan jenazah muslim karena mendukung salah satu pasangan calon di Pilkada DKI Jakarta. Hal ini diutarakan Nasaruddin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3/2017). Dia menegaskan menyalatkan jenazah muslim itu wajib hukumnya dalam agama Islam.
    Nasaruddin mengatakan, jika seseorang itu telah mengucapkan dua kalimat syahadat, artinya dia telah menjadi seorang muslim. Dan bagi muslim yang lain, wajib menyalatkan muslim yang telah meninggal. Bahkan, kata Nasaruddin, satu kampung bisa berdosa jika ada yang menolak menyalatkan jenazah.