1. Sidang lanjutan perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kembali digelar di auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Jalan RM Harsono, pada Selasa (21/2). Terhitung dengan hari ini, sudah 11 kali Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) menyidangkan petahana Gubernur DKI Jakarta 2017 itu. Sidang ini menghadirkan empat saksi yang didatangkan Jaksa Penuntut Umum. Keempat saksi itu yakni ahli agama Islam dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftahul Akhyar, ahli agama Islam lainnya Yunahar Ilyas, ahli pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakkir, dan ahli hukum pidana dari MUI Abdul Chair Ramadhan.
  2. Banjir terjadi akibat wilayah Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan sejak Selasa (21/2) dini hari hingga siang. Sejauh ini tercatat sudah ada 2 korban jiwa dan 1.613 pengungsi. Wilayah terdampak banjir, ada 15 kecamatan. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada 54 titik banjir di Ibu Kota dengan ketinggian air bervariasi, 10-150 sentimeter. 54 titik banjir dan genangan, di Jakarta Selatan (11 titik), Jakarta Timur (29 titik), dan Jakarta Utara (14 titik).
  3. Aksi 212 jilid II berlangsung di depan gedung DPR/MPR pada Selasa, 21 Februari 2017. Massa mulai ramai sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka terlihat kompak mengenakan pakaian putih-putih dan membawa atribut seperti bendera. Sambil bernyanyi ‘Aksi Bela Islam’, mereka duduk menghadap gerbang gedung parlemen. Dalam aksi ini, turut hadir Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab. Rizieq ikut berorasi. Rizieq meminta massa tetap menjaga ketertiban. Menjelang siang, sejumlah perwakilan peserta aksi 212 jilid II di DPR RI menemui Komisi III untuk menyuarakan aspirasinya dalam rapat dengar pendapat. Para wakil tersebut yaitu Sekretaris Jenderal  Forum Ulama Indonesia Muhammad Al Khaththat, Ketua Umum Parmusi Ushamah Hisyam dan beberapa perwakilan ulama dari beberapa kota di Indonesia. Para perwakilan aksi mereka ditemui langsung oleh Ketua Komisi III Bambang Soesatyo dan anggota komisi seperti Dwi Ria Latifa dari Fraksi PDIP dan Arsul Sani dari Fraksi PPP. Para peserta aksi memohon kepada anggota Komisi III untuk merealisasikan aspirasi mereka. Yakni memberhentikan dan menangkap Ahok, Gubernur Petahana DKI Jakarta.
  4. Freeport-McMoran Inc.,perusahaan induk PT Freeport Indonesia (PTFI) berniat menempuh jalur peradilan internasional atau arbitrase. Jika dalam 120 hari ke depan sejak pertemuan terakhir PTFI dengan pemerintah pada Jumat (17/2), tak juga menemukan kata sepakat terkait aturan izin rekomendasi ekspor dengan ketentuan status Kontrak Karya (KK).
    Menanggapi hal ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan justru menyikapi tekanan dari perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) itu dengan santai. Sekaligus siap meladeni Freeport-McMoran dan PTFI bila serius melenggang ke arbitrase untuk menyelesaikan hal ini. Bahkan, mantan Menteri Perhubungan itu menyebutkan bahwa tidak hanya Freeport-McMoran dan PTFI yang memiliki hak untuk membawa ketidaksepahaman ini ke arbitrase. Namun pemerintah Indonesia juga bisa melaporkan lebih dulu masalah ini. Jonan mengatakan, sikap tegasnya ini lantaran pemerintah telah berupaya sedemikian rupa untuk memberi kemudahan bagi PTFI untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia.
    Sedangkan di satu sisi, pemerintah juga tetap teguh menciptakan aturan yang tak melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).
  5. PM Israel Benjamin Netanyahu harus menempuh waktu perjalanan dua jam lebih lama karena pesawatnya dari Singapura ke Australia harus menghindari wilayah Indonesia. Pada Rabu (22/2), pesawat yang ditumpangi PM Israel Benjamin Netanyahu harus menghindari wilayah udara Indonesia saat hendak berkunjung ke Australia. Penerbangan memutar dari Singapura ini memakan waktu 2,5 jam lebih lama. Pesawat yang ditumpangi Netanyahu ini tiba di Sydney pada Rabu (22/2) pagi, sekitar pukul 06.30 waktu Australia timur. Menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware, penerbangan normal dari Singapura ke Sydney, Australia, memakan waktu 8,5 jam. Namun penerbangan Netanyahu ke Australia memakan waktu 11 jam karena pesawat tidak bisa terbang melintasi wilayah udara Indonesia dan harus memutar.
    Kabag Humas Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Agoes Soebagio menjelaskan Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) di bawah AirNav Indonesia menerima flight plan pesawat PM Israel itu. Namun GM JATSC berkoordinasi lebih dulu dengan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub karena pesawat PM Israel belum dilengkapi izin yang dibutuhkan. Untuk pesawat VIP sekelas kepala negara, imbuh Agoes, memang dibutuhkan izin dari 3 kementerian untuk melintas di wilayah udara RI. Security clearance dari Kemhan, diplomatic clearance dari Kemlu, dan izin lalu lintas udara dari Kemenhub. Ketiga izin ini sepaket. Satu tak dapat, maka pesawat tak bisa melintas.
  6. Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis (23/2) melakukan peninjauan proyek penyelesaian pengerjaan terowongan bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase I, Setiabudi. Turut pula hari dalam peninjauan ini Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Menurut Jokowi, proyek ini ditargetkan akan rampung pada Maret 2019 mendatang. Masyarakat pun dapat memanfatkan moda transportasi ini setelah fase pertama selesai dibangun. Seperti diketahui, MRT Jakarta yang berbasis rel rencananya akan membentang kurang lebih 110,8 km, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus – Kampung Bandan) sepanjang kurang lebih 23,8 km dan Koridor Timur – Barat sepanjang kurang lebih 87 km.
  7. Rombongan Raja Salman akan mengunjungi Indonesia selama 9 hari. Kedatangan Raja Salman ini disebut bernilai promosi yang sangat besar. Presiden Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Asnawi Bahar menyebut, nilai promosi kedatangan Raja Salman ke Indonesia capai Rp 1 triliun.Tak hanya tinggi nilai promosi, kedatangan Raja Salman juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara asal Timur Tengah. Peningkatan kunjungan wisman disebut Asnawi akan mencapai 20 persen tahun depan. Ia menambahkan, total biaya akomodasi yang dikeluarkan Raja Salman selama di Indonesia mencapai angka Rp 150 miliar. Rombongan Raja Salman akan tiba di Bandara Halim Perdanakusumah besok, Rabu (1/3). Ia memiliki beberapa agenda kenegaraan seperti bertemu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pidato di Gedung DPR hingga mengunjungi Masjid Istiqlal. Menurut Seskab Pramono Anung Kunjungan ini akan membawa rombongan terbesar, kurang-lebih 1.500 orang yakni 10 menteri, dan 25 pangeran. Kunjungan Raja Salman dan rombongan kali ini merupakan kunjungan kedua, setelah terakhir kali Raja Faisal datang ke Indonesia pada tahun 1970.
  8. Ajang penghargaan prestisius di bidang perfilman, Piala Oscar 2017, baru saja berakhir. Para pemenang telah mendapatkan piala masing-masing di Dolby Theatre, Minggu (26/2/). Meski gelar Film Terbaik yang lepas dari tangan, film La La Land ini masih membawa pulang enam gelar, termasuk Sutradara dan Aktris Utama Terbaik. Sementara itu, Moonlight mendapat tiga piala Oscar. Salah satunya di kategori Aktor Pendukung Terbaik yang diraih Mahershala Ali. Pencapaian ini cukup bersejarah, karena Ali merupakan aktor muslim pertama yang memenangkan piala ini.
  9. Oscar 2017 yang diselenggarakan di Dolby Theatre Los Angeles, Minggu (26/2) malam waktu setempat memuat berbagai kesalahan. Yang paling fatal adalah salah menyebutkan pemenang Film Terbaik di puncak acara. Warren Beatty dan Faye Dunaway yang ditugasi membaca Film Terbaik, menyebut La La Land sebagai pemenang. Padahal Film Terbaik seharusnya Moonlight. Disebut-sebut, itu karena pemberian amplop yang salah dari penyelenggara.
    Bukan hanya itu, Oscar 2017 juga salah memasukkan foto Jan Chapman di sesi ‘In Memoriam.’ Chapman merupakan seorang produser asal Australia yang masih aktif dan hidup, sehat. Ia salah disebut sebagai Janet Patterson, desainer busana juga asal Australia yang meninggal pada akhir tahun lalu. Sementara Alexis Arquette, aktris transgender yang meninggal pada September karena komplikasi akibat HIV, justru tidak dimasukkan ke sesi itu.
  10. Academy Awards ke-89 atau Oscar 2017 dianggap gagal. Dan menurut Presiden Amerika Serikat Donald Trump, kegagalan itu disebabkan para sineas Hollywood, termasuk penyelenggara ajang penghargaan itu, terlalu fokus ‘menyerangnya.’ Dikatakan Trump, mereka berusaha terlalu keras untuk fokus pada politik sehingga pada akhirnya mereka tidak bisa beraksi seperti sepantasnya. Trump ada benarnya. Tidak sedikit selebriti yang memanfaatkan ajang penghargaan untuk ‘menyerang’ Trump dan berbagai kebijakannya yang kontroversi. Di Golden Globes, Meryl Streep bicara soal Trump yang pernah mencemooh jurnalis yang difabel. Di SAG Awards, Mahershala Ali yang notabene aktor Muslim bicara soal keputusan Trump melarang imigran dari negara Muslim. Sementara di Oscar 2017, Jimmy Kimmel sang pembawa acara sempat bermonolog menyindir Trump. Kemenangan The Salesman—film Iran di mana sutradaranya tak bsia hadir karena aturan imigran Trump—dan The White Helmets—film dokumenter asal Suriah yang subjeknya pun dilarang masuk AS—seakan menyindir Trump. Bahkan Moonlight yang memenangi Film Terbaik pun menyiratkan protes terhadap Trump. Itu film tentang kulit hitam dan homoseksual, yang ‘dibenci’ Trump. (Kabari1009)